Wabup Pacitan Gagas Reboisasi Hingga Restocking Ikan Kawasan Telaga Sono

oleh -709 views
Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo menggagas upaya reboisasi di kawasan Telaga Sono, yang terletak di Desa Kalikuning, Kecamatan Tulakan menyusul menyusutnya debit air di kawasan tersebut.

Padahal, telaga tersebut sudah sejak lama banyak dimanfaatkan warga di dua dusun guna keperluan mandi serta kebutuhan lainnya.

“Namun sekarang ini, seiring musim kemarau panjang yang terjadi setahun lalu, debit airnya mulai menyusut. Sekalipun sudah memasuki musim penghujan, namun tampungan air di dalam telaga belum begitu maksimal,” kata Yudi Sumbogo saat ditemui di ruang resepsionis, Setkab Pacitan, Selasa (14/1/2020).

Terkait hal itu, Yudi mengaku telah menyampaikan telaah ke Bupati Indartato, agar bagaimana di kawasan tersebut segera dilakukan reboisasi.

“Pak Bupati sangat setuju dengan penanaman kembali di kawasan telaga itu. Kita perlu keterlibatan lintas sektor. Bukan hanya pemkab namun juga masyarakat dan dunia swasta untuk upaya reboisasi tersebut,” jelas mantan anggota DPRD Pacitan dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Selain itu, Yudi juga menginginkan adanya restocking ikan di kawasan telaga tersebut.

Sebagai informasi, restocking ikan adalah salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stock.

Selama ini, kata Yudi, telaga tersebut banyak dimanfaatkan untuk wisata pemancingan. Bahkan tak jarang para pemancing yang mendapatkan ikan tombro raksasa.

“Beratnya sampai 30 kilogram. Karena itu kedepan bagaimana, ada upaya untuk melakukan restocking ikan. Dan apabila ada yang mendapatkan ikan besar, mungkin itu indukan. Lebih baik dikembalikan ke habitatnya,”katanya lagi.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan, Kabupaten Pacitan, Sumoro Hadi, ikut mendukung gagasan Wabup Yudi, soal restocking ikan di kawasan Telaga Sono tersebut.

“Akan kami bicarakan dengan Kabid yang membidangi. Insyaallah gagasan itu bisa kita realisasikan,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan