Relawan Ikuti Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi di Pacitan

oleh -781 views
SIMULASI. Relawan mengikuti rangkaian apel kesiapsiagaan bencana di Pacitan pada Kamis (9/1/2020). (Foto: Agus Hermawan)

Pacitanku.com, PACITAN – Sejumlah relawan dari berbagai lembaga dan instansi di Kabupaten Pacitan mengikuti rangkaian simulasi dalam rangka penanggulangan bencana hidrometeorologi di Pacitan pada Kamis (9/1/2020) dii lapangan Peta Kodim 0801/Pacitan, Jalan Letjend Suprapto, Kelurahan Sidoharjo Pacitan.

Sejumlah relawan tersebut terdiri dari relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Pacitan, ORARI, Bankom, Relawan se Kab. Pacitan, PC PMII Pacitan, dan Saka Bhayangkara. Selain itu hadir pula sejumlah instansi terkait, seperti Kodim 0801/Pacitan, Polres Pacitan, BPBD Pacitan, PMI, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR dan sejumlah instansi lainnya.

Baca juga: Pacitan Gelar Latihan Terpadu Penanggulangan Bencana Alam

Dalam apel tersebut bertindak sebagai Pimpinan Apel Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Komandan Apel Danramil 0801/05 Nawangan Kepten Kav Subari dan Perwira Apel Pasi Pers Dim 0801/Pacitan Kapten Arh Handyk.

Bupati Pacitan Indartato dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Yudi Sumbogo mengatakan gelar kesiapan pasukan dan perlengkapan dalam rangka penanggulangan bencana Hidrometeorologi di wilayah Pacitan salah satu upaya mendasar untuk meningkatkan kewaspadaan dan budaya siaga melalui latihan kesiapgaan.

“Apel gelar pasukan merupakan salah satu menyiagakan seluruh aparatur Pemerintah Daerah sebagai langkah koordinasi semua unsur Pemerintah, relawan dan dunia usaha,”katanya.

Baca juga: Ribuan Orang Terlibat Latihan Evakuasi Bencana di Pacitan

Lebih lanjut, Indartato mengatakan apel tersebut digelar untuk menghadapi resiko bencana dan perubahan iklim, serta semakin meningkat serta tantangan semakin besar dalam mengurangi resiko bencana.

“kita dihadapkan dengan potensi bencana hidrometeorologi yang semakin meningkat dengan adanya gelar apel kesiapgaan bencana kita sudah siap untuk menghadapinya,”ujarnya.

“Kesiapsiagaan dan melakukan pemantauan secara cermat terhadap informasi BMKG, BPNB dan PVMBG menyiagakan seluruh aparatur Pemerintah Daerah dan mengkoordinasikan dengan TNI, Polri, Instansi vertikal, relawan dan dunia usaha,”jelasnya lagi.

Usai menggelar apel gelar pasukan tersebut, digelar simulasi penanggulangan bencana oleh BPBD Pacitan.

Adapun, rangkaian latihan terpadu diawali dengan pembekalan peserta latihan terkait bencana alam  banjir dan longsor dan tsunami oleh BMKG, BPBD dan Basarnas sesuai tupoksi masing-masing.

Kemudian pada sesi berikutnya diadakan simulasi penanggulangan bencana alam dengan skenario terjadi bencana banjir, longsor, gempa bumi selama 30 menit 30 detik dan disertai potensi tsunami pada pukul 10.00 WIB.

Usai simulasi, kemudian informasi ini disampaikan oleh BMKG kepada BPBD Kabupaten Pacitan dan diteruskan kepada Wakil Bupati untuk diambil langkah-langkah penting selanjutnya.

Dalam simulasi latihan ini di peragakan kekacauan yang terjadi disertai proses penyelamatan korban dari Tim SAR, TNI-POLRI dan Masyarakat. Mobilitas penyelamatan dilakukan dengan kendaraan ambulan, mobil pemadam kebakaran, mobil angkut TNI-POLRI serta seluruh stikholder Ikut diperagakan pula adegan banjir, tanah longsor dan gempa bumi.

Turut hadir dalam apel tersebut Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf. Nuri Wahyudi, Asisten III Bidang Pemerintahan Hario Jumanto, Asisten I Setda Pacitan Mahmud, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Pacitan  drh.M.Yunus.

Kemudian juga hadir Kepala Dinkes Pacitan dr. Eko Budiono, Kasi BB Kejaksaan Negeri Pacitan  Dwi Febri Nurhananto, Kasdim 0801/ Pacitan Mayor Inf. Tommy Fedi Anugrahan, Wakapolres Pacitan  Kompol Sunardi, Kaminvet Pacitan Mayor Caj. Sunarso, Dan Detasemen TNI AU Pacitan Kapten Lek Arfan, Dansub Denpom Pacitan

Pewarta: Agus Hermawan