Pacitan Gelar Latihan Terpadu Penanggulangan Bencana Alam

oleh -642 views
SIMULASI. Latihan evakuasi kebencanaan di Pacitan. (Foto: Agus Hermawan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan menggelar apel dalam rangka latihan terpadu penanggulangan bencana alam pada Kamis (9/1/2020) di Lapangan Peta, Pacitan.

Dalam latihan yang diprakarsai oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan, Polres Pacitan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Badan Penanggulangan Bencana Bencana Daerah (BPBD) setempat tersebut dilakukan dalam terkait kesiapsiagaan penanggulangan bencana.

“Penyampaian informasi dan peringatan dini kepada instansi dan pihak terkait serta masyarakat berkenaan dengan bencana karena faktor meteorologi, klimatologi, dan geofisika,”kata Bupati Pacitan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati dalam acara tersebut.

Baca juga: Ribuan Orang Terlibat Latihan Evakuasi Bencana di Pacitan

Lebih lanjut, Bupati mengatakan tujuan digelarnya latihan tersebut untuk meningkatkan kemampuan dan kesiap siagaan operasional dalam penangulangan dan mitigasi bencana alam serta bertujuan untuk menguji Rencana Tindakan Kontijensi (Rentinkon) dan Rencana Operasi (RO) satuan dalam perbantuan TNI  kepada Pemda dalam rangka penanggulangan bencana.

Bupati juga mengharapkan dari semua jajaran instansi dan organisasi relawan yang ada di seluruh Kabupaten Pacitan ikut mendukung dan berperan aktif dalam acara latihan terpadu penanggulangan bencana alam tersebut.

Penyelengaraan latihan ini didasarkan  dengan menindaklanjuti intruksi Presiden dan Gubernur yang diikuti oleh seluruh jajaran TNI, Polri, Basarnas, BPBD, BMKG, serta instansi terkait lainnya.

Adapun, rangkaian latihan terpadu diawali dengan pembekalan peserta latihan terkait bencana alam  banjir dan longsor dan tsunami oleh BMKG, BPBD dan Basarnas sesuai tupoksi masing-masing.

Kemudian pada sesi berikutnya diadakan simulasi penanggulangan bencana alam dengan skenario terjadi bencana banjir, longsor, gempa bumi selama 30 menit 30 detik dan disertai potensi tsunami pada pukul 10.00 WIB.

Usai simulasi, kemudian informasi ini disampaikan oleh BMKG kepada BPBD Kabupaten Pacitan dan diteruskan kepada Wakil Bupati untuk diambil langkah-langkah penting selanjutnya.

Dalam simulasi latihan ini di peragakan kekacauan yang terjadi disertai proses penyelamatan korban dari Tim SAR, TNI-POLRI dan Masyarakat. Mobilitas penyelamatan dilakukan dengan kendaraan ambulan, mobil pemadam kebakaran, mobil angkut TNI-POLRI serta seluruh stikholder Ikut diperagakan pula adegan Banjir, tanah longsor, gempa bumi pada area Lapangan Peta Kodim 0801 Pacitan.

Pewarta: Agus Hermawan