PDAM Pacitan Jelaskan Penyebab Pasokan Air ke Pelanggan Mengecil

oleh -132.490 views
Kondisi Instalasi Pengolahan Air Bersih Unit Pacitan Kota. (Foto: PDAM Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pacitan menjelaskan penyebab mengecilnya pasokan air ke pelanggan perusahaan air minum plat merah tersebut.

Mengutip dari akun resmi Instagramnya, Kamis (2/1/2020) di @pdamkabupatenpacitan, PDAM Pacitan memposting foto sumber air baku dari Sungai Grindulu pada Kamis (2/1/2020) dan Instalasi Pengolahan Air Bersih Unit Pacitan Kota.

Dalam foto tersebut, kondisi kekeruahan air nampak berwarna coklat. PDAM kemudian menjelaskan beberapa foto yang diposting tersebut.

“Pengolahan ekstra dilakukan untuk memastikan agar kualitas air yang didistribusikan kepada pelanggan tidak menurun dan layak untuk digunakan,”demikian penjelasan PDAM Pacitan.

Selain itu, PDAM juga menjelaskan proses pengolahan ekstra menyebabkan aliran air kepada pelanggan mengecil.

Hal itu, imbuhnya, dikarenakan kekeruhan air baku tinggi, hasil produksi pengolahan air di Unit Pacitan Kota dengan kapasitas produksi sebesar 60liter/detik juga digunakan untuk pengurasan endapan lumpur.

“Sehingga jumlah air yang didistribusikan kepada pelanggan berkurang,”tandasnya.

Selain itu, PDAM juga mengatakan pengurasan dilakukan setiap 2 jam sekali.

Atas kejadian tersebut, PDAM melalui akun instagram resminya juga meminta maaf atas kondisi tersebut. “Mohon maaf untuk keadaan yang terjadi dan terimakasih untuk pengertiannya,”pungkasnya.