Hendak Pindah Tugas ke Situbondo, AKBP Sugandi: Pacitan Sangat Membekas di Hati Saya

oleh -13929 views
PIDATO KAPOLRES. Kapolres Pacitan Sugandi saat memberikan sambutan dalam subuhan bareng di MADF, Rabu (1/1/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Kapolres Pacitan AKBP Sugandi akan segera pindah tugas ke Kabupaten Situbondo.

Sebelum pindah tugas, Kapolres Sugandi memberikan pesan-pesan saat kegiatan “Subuhan Bareng awal tahun baru 2020” di Masjid Agung Darul Falah (MADF) Pacitan pada Rabu (1/1/2020).

Acara tersebut menghadirkan Kepala Kantor Kementerian Agama Pacitan Mohammad Nurul Huda sebagai imam sholat subuh dan Ustadz Marzuki Imron atau dikenal dengan Ustadz Naruto sebagai penceramah subuh.

“Terimakasih kepada panitia yang memberikan kesempatan kepada saya, sesungguhnya sebentar lagi akan pindah tugas ke Situbondo, paling lambat nanti malam akan serah terima di Polda, kesempatan ini sholat subuh berjamaah terakhir di Pacitan, dan ini skenario Allah SWT menjelang pergantian tahun 2020,”kata Sugandi saat memberikan sambutannya dalam acara tersebut.

Saat kegiatan tersebut, Sugandi juga menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh jamaah di MADF, para guru yang memakmurkan masjid.

“Apabila bapak-bapak berkunjung ke wilayah timur utara di Jawa Timur, di Probolinggo atau Banyuwangi, mohon bisa diluangkan waktu mampir di Polres Situbondo,”ungkapnya.

Secara khusus, Sugandi menyebut Pacitan begitu membekas dihati, salah satunya karena posisi rumah dinas dan kantor yang dekat dengan masjid.

“Saya senang sekali, Pacitan sangat membekas di hati saya, karena selain saya tugas disini, juga Allah berikan tempat rumah dinas yang dekat dengan masjid Agung, ini merupakan nikmat bagi saya yang tidak bisa dihitung, dekat dengan masjid, terjaga untuk sholat subuh di masjid, terjaga untuk mengikuti majelis ilmu,”ungkapnya.

Berharap kegiatan memakmurkan masjid terus berjalan

Dalam kegiatan tersebut, Sugandi mengapresiasi kegiatan sholat subuh berjamaah yang terus dilaksanakan di MADF Pacitan.

“Alhamdulillah kegiatan sholat subuh berjamaah selalu istiqomah dilaksanakan di MADF, dan masjid ini makmur, setiap kegiatan-kegiatan yang digunakan untuk memakmurkan masjid, kegiatan yang harus senantiasa disyiarkan, sehingga masjid ini makmur oleh warga yang melaksanakan sholat, khususnya adalah majelis ini,”jelasnya.

Lebih lanjut, Sugandi berpesan kepada masyarakat untuk terus bersemangat untuk datang ke majelis ilmur. Karena, semakin banyak yang datang ke majelis ilmu, semakin banyak yang memahami pentingnya ibadah.

Secara khusus, Sugandi menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Pacitan jika selama bertugas di Pacitan banyak yang kurang berkenan. “Selama kurang lebih satu tahun dua bulan, bertemu dengan bapak-bapak, apabila ada salah perilaku atau sebagainya kami mohon maaf,”tandasnya.

Dia mengibaratkan MADF seperti halnya masjid nabawi di madinah. Dimana semuanya meramaikan masjid sudah terwujud.

Sugandi kemudian memaparkan beberapa kegiatan Polres Pacitan yang semangat memakmurkan masjid mendapatkan respon yang baik di masyarakat.

“Kemarin ada kegiatan program keterbatasan bagi saudara yang tuna rungu, untuk diberikan kesempatan belajar agama Alhamdulillah pesertanya cukup banyak 40 orang  dari SLB, sama-sama belajar agama dari ustadz,”jelasnya.

Dia berharap, kegiatan positif memakmurkan masjid tersebut terus dilaksanakan di Pacitan.

“Saya harapkan kegiatan memakmurkan masjid terus dilaksanakan, i’tikaf, mabit  ini malam tahun baru, ini kegiatan positif, malam tahun baru itu positif apabila difokuskan di masjid, juga ada program anak muda dan remaja, bagaimana cinta kepada masjid, cinta untuk memakmurkan masjid,”pungkasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan surat telegram Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, yakni nomor ST/3233/KEP./2019, AKBP Sugandi yang sebelumnya Kapolres Pacitan diangkat sebagai Kapolres Situbondo Polda Jatim. Posisi Sugandi di Pacitan digantikan oleh AKBP Didik Hariyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbidpaminal Bidpropam Polda Jatim.

Pewarta/Foto: Sulthan Salahuddin