Gagasan Gila Kandidat Bupati Pacitan Sugeng Nugroho

oleh -833 views
Sugeng Nugroho

Pacitanku.com, PACITAN – Bakal Calon Bupati Pacitan, Sugeng Nugroho memiliki sejumlah gagasan untuk pembangunan Pacitan jika dirinya menjadi Bupati Pacitan.

Awalnya, Sugeng menyebut Kabupaten Pacitan memiliki kekayaan bahan tambang yang tersebar hampir di seluruh wilayah. Tidak hanya mempunyai kekayaan di bidang pariwisata saja.

Dari data DPE Kabupaten Pacitan ini mempunyai kandungan bahan tambang sampai puluhan jenis,  mulai dari bahan mineral logam, sampai radio aktif. 

Menurut Sugeng, jenis – jenis bahan tambang terdiri dari Piropilit, bentonit, kalsit, geldspar, marmer,  zeolit, batuan beku, tanah liat plastis, batu gamping, sirtu, emas, batu bara, uranium, nikel, timah putih dan hitam, mangan, emas, tembaga, mangan, seng, dan lain – lain.

“Kabupaten Pacitan punya potensi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) selama kita mampu mengolahnya, dan juga bisa meningkatkan kesempatan berusaha untuk menyerap tenaga kerja. Dikarenakan Kabupaten Pacitan kaya akan berbagai tambang yang kita miliki,” tutur Sugeng, Kamis (14/11/2019).

Lebih lanjut, Sugeng mengatakan dirinya melihat situasi dan kondisi dasar topografi struktur dan jenis batuan yang ada mencapai 85% dari bagian wilayah Kabupaten Pacitan.

“Ternyata didalamnya banyak sekali mengandung bahan tambang yang melimpah. Hal ini bila kita berani mengambil dari ide – ide  Bambang Susilo Yudoyono (SBY) yang peduli dengan Pacitan, tentunya bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan juga bisa meningkatkan pendapatan Daerah Kabupaten Pacitan,”jelasnya.

Sugeng mengatakan, pada tanggal 24 Oktober 2012 yang lalu  SBY pernah meresmikan dua proyek serta peletakan batu pertama (groundbreaking) lima proyek infrastruktur Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Kalimantan Timur.

Peresmian ini sengaja dilakukan sesuai dengan azas efisiensi dan efektifitas yang menjadi prinsip kerja SBY. Dijelaskan juga pembangunan diatas lahan seluas 1.175 hektare dan menelan biaya hampir Rp. 30 Triliun. Kawasan ini tercakup dalam Masterplan Percepatan dan perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3EI).

“Kerja SBY seperti ini perlu kita contoh untuk membangun kabupaten Pacitan, saya juga mempunyai wacana bila mendapatkan amanah menjabat Bupati Pacitan, ingin membangun jalan tol Pacitan – Solo dan Pacitan-Ponorogo, serta Bandara dengan jurusan Pacitan – Bali, Pacitan – Surabaya, Pacitan – Jakarta, Pacitan – Jogja,”jelasnya.

Menurutnya, dengan hasil tambang yang diolah untuk pembiyaan oprasional pembangunan tersebut , semua ini dilakukan dalam bentuk program yang perlu diperjuangkan demi warga masyarakat Kabupaten Pacitan, agar bisa lebih sejahtera dan makmur. “Inilah salah satu gagasan gila,” tutur Sugeng. 

Selain itu, Sugeng mengatakan dengan berbagai perencanaan, antara lain terkait pengelolaan sejumlah fasilitas bandara, Misalnya parkir, kargo, dan tenant dibandara tersebut. langkah yang perlu diambil dari hasil olahan tambang dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kami membicarakan peluang untuk mendapatkan PAD dari pengelolaan bandara. Terutama dari sisi non aero bandara seperti pengelolaan kargo, parkir tenant, dan media ruang,” uangkap Sugeng.

Dalam program ini, Sugeng berujar, perencanaan membangun airport di Kabupaten Pacitan, nantinya akan ada hotel bintang lima, mal, dan fasilitas lain yang dibangun untuk menunjang sarana serta prasarana bandara.

“Melalui konsep tersebut, diharapkan mendongkrak kegiatan bisnis dan kualitas pelayanan bandara yang menjadi dasar acuan,”pungkasnya.

Pewarta: Agus Hermawan