Pacitan Diguncang Dua Kali Gempa Bumi

oleh -936 views

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan diguncang dua kali gempa tektonik pada Kamis (7/11/2019) malam sekitar pukul 21.27 WIB dan pukul 22.33 WIB.

Rekaman dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), gempa pertama di Pacitan gempabumi ini berkekuatan Magnitudo 3.1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat -8.23 LS dan 111.13 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4 km Tenggara Pacitan  Jatim pada kedalaman 11 km.

Gempa bumi kedua berkekuatan magnitude 3 Skala Richter dengan lokasi di  9.01 LS,111.28 BT atau tepatnya berlokasi pada 94 km Tenggara Pacitan dengan kedalaman 15 kilometer.

Usai terjadi gempa pertama pada pukul 21.27 WIB, BMKG merilis analisis gempa yang terjadi di Pacitan tersebut.

Menurut keterangan Kepala Stasiun Geofisika kelas I Yogyakarta Agus Riyanto dalam siaran persnya, gempa bumi di Pacitan tersebut merupakan gempa bumi dangkal

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,”kata dia.

Lebih lanjut, Agus mengatakan guncangan gempabumi ini dilaporkan telah dirasakan di daerah Pacitan dalam skala intensitas III MMI. “Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,”ungkapnya.

Dia menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg) dan (Instagram/Twitter @stageof.yogya),”pungkasnya.