Segarnya Mandi di Pemandian Banyu Anget Tirta Husada Arjosari

oleh -713 views
Pemandian Banyu Anget di Arjosari. (Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Pacitan selama ini dikenal karena banyaknya wisata pantai dan gua. Namun, Pacitan tidak hanya memiliki gua dan pantai saja.

Meski jauh dari gunung berapi aktif, di Pacitan ternyata ada pemandian air panas. Bukan sekadar air hangat, sumber air ini alami dan berasal dari dalam bumi. pemandian air panas Pacitan dikenal dengan pemandian air hangat Tirta Husada atau pemandian Banyu Snget.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi kesegaran dan kehangatan mandi dari sumber alami, silahkan berkunjung ke pemandian banyuanget atau pemandian air hangat Tirta Husada, yang terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan,.

Jarak pemandian ini dari pusat Kota Pacitan 15 kilometer dengan estimasi waktu tempuh 30 menit. Menuju Pemandian Air Hangat di Pacitan Rute tempuh menuju pemandian air hangat ini dari Pacitan Kota adalah melewati jalan utama Pacitan-Ponorogo. Begitu sampai Pasar Arjosari, perjalanan dilanjutkan dengan berbelok  ke utara memasuki Jalan Arjosari-Banyu Anget.

Pemandian Banyu Anget terletak di bawah lereng bukit batu putih atau gunung kelir. Keunggulan Banyu Anget atau banyak orang menyebutnya Tirta Husada, air hangatnya bisa untuk kesehatan tubuh Anda.

Pemandian Banyu Anget di Arjosari. (Foto: Dok Pacitanku)

Itu sebabnya Anda tidak merasakan aroma belerang yang menyengat dilokasi ini. Kelebihan lain, airnya jernih dan tidak terasa lengket di badan, karena memang airnya sangat natural.

Untuk fasilitas yanga ada di Pemandian Air hangat melengkapi dirinya dengan permainan anak-anak, dua kolam renang air panas dewasa, satu kolam renang air hangat anak-anak, 10 kamar mandi air panas.

Untuk dapat menikmati kesegaran mandi di kolam pemandian air hangat ini, anda cukup merogoh kocek Rp10 ribu saja. Pengelola telah membuat kolam-kolam pemandian yang airnya berasal dari sumber air panas. Sementara kolam utama suhu airnya cukup tinggi sehingga tertutup untuk umum.

Air panas yang dialirkan ke kolam pemandian itu telah disesuaikan suhunya sehingga aman untuk dipakai berendam. Total ada tiga kolam pemandian yang bisa digunakan, yakni kolam dangkal untuk anak-anak, kolam sedang, dan kolam dewasa.

Jika hari libur dan cuaca cerah, banyak orang yang berkunjung ke pemandian banyuanget ini. Biasanya sore hari ketika cuaca cerah menjadi saat paling banyak kunjungan. Bagi Anda yang enggan menggunakan kolam pemandian umum terbuka, ada kolam tertutup dan lebih privat. Untuk menikmati fasilitas ini, Anda akan dikenakan biaya tambahan

Selamat berkunjung dan Anda akan merasakan  kebugaran tubuh setelah berendam di pemandian air hangat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan obyek wisata.