Insan Pariwisata se-Jawa Apresiasi Penyelenggaraan Festival Ronthek Pacitan

oleh -825 views
Kostum Ronthek dari Desa Bolosingo Pacitan. (Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN — Insan pariwisata dari Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta dan Jawa Barat mengapresiasi penyelenggaraan Festival Ronthek Pacitan untuk mengangkat seni kebudayaan di Kabupaten Pacitan.

Hal tersebut disampaikan sejumlah insan pariwisata yang mengikuti “Pacitan Journey” 2019 saat melihat penyelenggaraan Festival Ronthek Pacitan pada Kamis (12/9/2019) di Jalan Panglima Soedirman, Pacitan.

Ketua Umum Forum Insan Pariwisata (Fosipa) Dr Sarbini MPhil mengapresiasi festival ronthek tersebut untuk mengangkat budaya Pacitan.

“Saya baru pertama kali lihat ini (Ronthek) dan ini suatu hiburan yang sangat menggembirakan,”kata pria yang akrab disapa Mbah Ben tersebut.

Lebih lanjut, Mbah Ben mengatakan Festival Ronthek menjadi salah satu seni budaya yang luar biasa.

“Ronthek dimaknai sebagai suatu seni budaya yang menarik, simpatik dan dinamis, luar biasa,”tandasnya.

Senada dengan Mbah Ben, salah satu perserta Pacitan Journey, Lilin dari DPD ASPPI DI Yogyakarta mengapresiasi penyelenggaraan festival budaya tahunan tersebut.

“Ini seni budaya yang sangat menarik ya, dan saya baru pertama kali melihat festival ini,”ujarnya.

Seperti tahun sebelumnya, Festival Ronthek tahun ini akan digelar di depan SMPN 1 Pacitan Jalan Ahmad Yani Pacitan.

Penampilan Ronthek tahun 2019 pada hari pertama pada Kamis (12/9/2019) menampilkan Desa Bolosingo, Desa Menadi, Kelurahan Sidoharjo, Desa Sirnoboyo, Desa Mentoro, Kecamatan Ngadirojo, Desa Ponggok, Desa Nanggungan, Desa banjarsari, Kelurahan Pucangsewu, Kelurahan Ploso dan Desa Sambong.

Kemudian jadwal tampil hari kedua pada Jumat (13/9/2019) adalah Desa Arjowinangun, Kecamatan Sudimoro, Desa Purworejo, Kecamatan Arjosari, Desa Tambakrejo, Desa Semanten, Desa Sumberharjo, Desa Sedeng, Desa Widoro, Kecamatan Pringkuku, Desa Sukoharjo dan Kecamatan Tulakan.

Selanjutnya pada hari ketiga yang tampil adalah Kecamatan nawangan, Desa Kayen, Kecamatan Donorojo, Kecamatan Bandar, Kecamatan Kebonagung, Desa Kembang, Kelurahan Pacitan, Desa Bangunsari, Kecamatan Tegalombo, Desa tanjungsari, Kecamatan Punung dan Kelurahan Baleharjo.

Kegiatan Pacitan Journey adalah kegiatan yang menghadirkan pegiat pariwisata di Indonesia untuk menikmati keindahan alam dan wisata di Pacitan.

Dalam kegiatan ini, sebelum berkeliling ke sejumlah obyek wisata, peserta menginap semalam dengan tenda di Pantai Srau. Tak hanya itu, mereka dijadwalkan melihat pertunjukan Festival Ronthek Pacitan.

Agenda Pacitan Journey 2019 ini diikuti oleh penggiat pariwisata dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan DI Yogyakarta. Diantaranya adalah HPI DIY, ASPDI DIY, IPI Jateng, IPI DI Yogyakarta, Asidewi, HPI Jateng, Gappitt Cirebon, Citra Gilang, Attaya Tour, Tuti Tour Solo, Dio Panggih Tour, PPJT, Pebemas dan pegiat pariwisata lainnya.

Pewarta: Dwi Purnawan