Dandim 0801/Pacitan: Satlinmas Memiliki Peran Penting Tanggap Darurat Bencana

oleh -225 views
Dandim menghadiri acara simulasi Perberdayaan peran dan kesiapsiagaan Sat Linmas dan Masyarakat dalam Penanganan Tanggap darurat Bencana, jumat (13/9/2019) di lapangan PETA Kodim 0801/Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang menyebut Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) memiliki peranan penting.

“Satlinmas memiliki peran penting baik saat terjadi bencana alam maupun saat penyelenggaraan PAM swakarsa,”katanya usai menghadiri acara simulasi Perberdayaan peran dan kesiapsiagaan Sat Linmas dan Masyarakat dalam Penanganan Tanggap darurat Bencana, jumat (13/9/2019) di lapangan PETA Kodim 0801/Pacitan.

Dalam agenda tersebut, sebanyak 300 orang mengikuti simulasi Perberdayaan peran dan kesiapsiagaan dalam Penanganan Tanggap darurat Bencana Tahun 2019.

Lebih lanjut, Aris berharap peran serta pemerintah kabupaten Pacitan untuk aktif meningkatkan kinerja lembaga Satlinmas.

DIa juga mengharapkan anggota Satlinmas meningkatkan kemampuan serta ketrampilan menghadapi bahaya bencana.

Simulasi yang dilaksanakan oleh Satpol PP Jawa Timur tersebut melibatkan Pol PP, Satlinmas, BPBD, Tagana, Basarnas, PMI kepolisian, TNI dan pemerintah kecamatan.

Dalam peragaan tersebut, Linmas melakukan simulasi penanganan kebakaran, tanah longsor, banjir, hingga kesigapan dalam evakuasi korban dengan ambulans.