HNSI Pacitan Gelar Larung Sesaji, Diharapkan Mampu Dongkrak Wisata Pacitan

oleh -1.052 views

Pacitanku.com, PACITAN – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) menggelar tradisi larung sesaji dalam rangka festival nelayan pada Sabtu (31/8/2019) di kawasan pelabuhan Tamperan, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan. Agenda festival nelayan ini sendiri langsung dibuka oleh Ketua HNSI Pacitan Damhudi.

“Larung sesaji ini merupakan budaya yang terus dilestarikan tradisi yang diyakini sebagai upaya mensyukuri nikmat Tuhan berupa kekayaan alam dan keragaman binatang laut,”kata Damhudi.

Dalam pelaksanaannya, ritual budaya ini para nelayan kabupaten Pacitan kirap tumpeng dan sesaji sebanyak 234 tumpeng dan sesaji.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan Suko Wiyono saat menyampaikan sambutannya berharap tradisi ini terus dilestarikan.

Menurut Suko, selain sebagai wujud syukur kepada Tuhan diharapkan dengan adanyan tradisi ini, mampu mendongkrak potensi wisata pantai yang ada di kabupaten Pacitan.

“Tradisi larung sesaji ini sudah dilaksanakan bertahun – tahun, turun temurun. Di daerah pantai kidul setiap tahunnya selalu diadakan upacara tradisional larung sesaji, tradisi ini juga bisa dikatakan sebagai sesuatu yang positif untuk bersyukur atas kuasa Tuhan serta mempromosikan wisata dan budaya kabupaten Pacitan,”katanya.

Lebih lanjut, Suko mengatakan selain agenda rutin festival nelayan di Pacitan, HNSI juga menggelar lomba layang – layang.

Salah satu tokoh masyarakat Pacitan yang hadir, Prayitno megatakan, selain diyakini juga mendatangkan berkah bagi warga yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

“Acara ini terbukti mampu membuat para wisata akan hadir di kabupaten Pacitan, yang mempunyai wisata laut yang indah. Utamanya pantai Klayar yang selalu dipadati wisatawan,”ujarnya.

Berbagai acara masih akan berlangsung hingga Ahad (1/9/2019), diantaranya hiburan band “Roadtudjah Reggae”, “Etnik Musik Heppii” dan pertunjukan reyog Ponorogo dari “Singo Mudo Terate.”

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan