Kethek Ogleng Pacitan Semarakkan Peringatan Tahun Baru Islam di Pantai Klayar

oleh -1.156 views
HIBUR WARGA. Kethek Ogleng Pacitan menghibur warga di Pantai Klayar Donorojo, Ahad (1/9/2019). (Foto: Ki Demang/Ist)

Pacitanku.com, DONOROJO – Kesenian dari Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan, Kethek Ogleng turut menyemarakkan peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah yang digelar pada Ahad (1/9/2019) di Pantai Klayar, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo.

Puluhan penari Kethek Ogleng tersebut sengaja di datangkan dari sanggar Condro Wanoro pmpinan Sukisno didukung Disparpora Pemkab Pacitan untuk memeriahkan agenda Selamatan 1 Suro di Pantai Klayar tersebut di tampilkan tiga sesi, yakni pagi, siang dan sore.

Baca juga: Kethek Ogleng Pacitan Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2019

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Parwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan, Budi Hartoko mengatakan Pantai Klayar merupakan pantai yang sangat eksotik, dengan panorama alam dan pemandangan pantainya, ombaknya besar namun berbahaya.

“Karena itu gelaran selamatan dilakukan untuk memberikan peringatan agar pengunjung dan masyarakat berhati hati sekaligus berdoa agar kita di beri keselamatan,”katanya.

Dia mengatakan kesenian Kethek Ogleng sendiri di tampilkan untuk memeriahkan agenda tersebut juga turut melestarikan Seni Kethek Ogleng Pacitan yang baru saja mendapat predikat sebagai Warisan Budaya Tak Benda yang sudah diakui dan di catat sebagai warisan budaya Pacitan oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Dikbud RI.

Lebih lanjut, Budi berharap dengan pertunjukan ini para wisatawan yang berasal dari berbagai wilayah semakin terkesan dengan kekayaan alam dan seni budaya Kabupaten Pacitan.

“Dan pada akhirnya objek wisata Kabupaten Pacitan menjadi tujuan wisatawan pada masa mendatang. tradisi dan ritual masyarakat terlaksana, tempat pantai terjaga, atraksi dan kesenian tetap lestari dan saling mengisi,”paparnya.

Sementara, Ketua sanggar Condro Wanoro, Sukisno mengatakan pertunjukan Kethek Ogleng ini juga untuk menghibur para pengunjung Pantai Klayar sekaligus ikut bersyukur di Tahun Baru Islam.

“Kita juga turut memeriahkan dengan ikut berdoa bersama dimanapun tempatnya sebagai ungkapan rasa syukur dan doa keselamatan termasuk di Klayar ini,”ujar dia.

Sementara, salah satu pengunjung, Imam mengatakan Seni Tradisional seperti Kethek Ogleng ini sangat menghibur pengunjung tempat wisata , apalagi Kethek Ogleng tidak sekedar tarian namun ada gerakan akrobatik yang hebat. (RAPP002)