Ini Rencana Afghani Wardhana Agar Pariwisata Pacitan Lebih Mendunia

oleh -508 views

Pacitanku.com, PACITAN — Bakal Calon Bupati (Bacabup) Pacitan Afghani Wardhana memiliki beberapa rencana khusus agar sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan semakin dikenal luas dan mendunia.

“Yang pertama adalah dengan menggiatkan promosi terus-menerus agar potensi wisata Pacitan semakin dikenal, siapapun harus mengenal Pacitan dengan segala kelebihannya,”katanya saat berbincang pada Ahad (25/8/2019) di Pacitan.

Promosi tersebut, kata Afghani, adalah cara yang harus dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Pacitan. Meski upaya peningkatan PAD bukan hal mudah, namun Afghani optimistis hal itu bisa dilakukan.

Yang kedua, kata dia, adalah bekerja sama dengan biro perjalanan wisata, sehingga wisatawan yang berkunjung ke Pacitan benar-benar dilayani secara maksimal.

“Yang ketiga adalah memperbanyak even atau kegiatan budaya, semakin sering kita menggelar event budaya maka semakin banyak wisatawan yang akan datang ke Pacitan,”imbuh pria yang juga Kepala DinasPemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya ini.

Selain itu, Afghani mengatakan salah satu cara lain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan juga perlu melakukan pembangunan infrastruktur, terutama jalan menuju tempat wisata.

“Jadi promosi, bekerja sama dengan biro wisata, memperbanyak event kegiatan dan pembangunan infrastruktur adalah hal yang harus kita lakukan untuk mendukung peningkatan PAD dari sektor wisata,”ungkap dia.

Apalagi, tambahnya, di Pacitan tidak hanya wisata alam yang bisa dikembangkan, seperti wisata religi dan wisata budaya.

“Selain disebut sebagai Kota 1001 goa, banyak pantai, air terjun dan lainnya, juga ada wisata religi yaitu di Pondok Pesantren Tremas dan juga wisata sejarah di Pakisbaru. Selain itu ada budaya khas Pacitan yaitu Kethek Ogleng, ceprotan dan lain sebagainya, ini yang akan terus kita maksimalkan,”pungkasnya.

Untuk diketahui, sosok Afghani Wardhana adalah nama yang belakangan ini gencar menyosialisasikan pencalonannya sebagai cabup Pacitan. Pria yang merupakan Kepala Dispora Kota Surabaya ini adalah putra dari tokoh Pacitan Ali Murtadlo.

Pilbup Pacitan sendiri rencananya akan digelar pada Rabu (23/9/2020) mendatang. Adapun tahapan Pilbup baru akan dimulai pada akhir bulan September 2019 mendatang.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Penyunting: Dwi Purnawan