Begini Ide Afghani Dorong Kreativitas Pemuda di Pacitan

oleh -590 views

Pacitanku.com, PACITAN — Bakal Calon Bupati Pacitan Afghani Wardhana pada Ahad (25/8/2019) di Pacitan┬ámengatakan dirinya ingin mengembangkan program kreativitas pemuda di Kota Surabaya untuk mendorong kreativitas pemuda di Pacitan.

Seperti di Kota Surabaya, Afghani mengatakan pemuda perlu mendapat tempat atau panggung untuk berkarya.

Menurut Afghani, pengalaman saat memimpin Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya sangat berharga saat mengantarkan pemuda setempat memiliki usaha yang kreatif dan menguntungkan.

“Pemuda harus mendapatkan tempat untuk berkarya, menjual karyanya dan menjadi pengusaha dari karyanya itu, seperti yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya melalui Dispora yang memiliki Koridor Start-up bagi pemuda, disana kita memberikan bimbingan kepada para pemuda untuk berkarya melalui kreativitas nya,”jelasnya.

Selain itu, Afghani mengatakan di Surabaya, ada event kepemudaan yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya seperti “Pesta Pora.”

Dalam event tersebut, para pemuda akan diajari membuat produk sekaligus mengemas produk itu agar bernilai lebih dan terakhir kita bantu pemasaran dan promosinya.

“Semua hal itu kita lakukan secara gratis, dan hasilnya seperti ‘Kopi Tofe’ dan ‘Mie Setan’ yang saat ini menjadi bisnis menggiurkan omzetnya, jadi kita berikan kailnya dan para pemuda akan kita latih menjadi pemancing yang hebat sehingga menjadi pemuda enterpreneur,”papar dia.

Afghani juga meneruskan bahwa Pemerintah juga harus membantu mempromosikan dan memasarkan produk kreatif dari pemuda.

“Karena keberlangsungan usaha adalah ketika ada transaksi yang membeli produk tersebut, tanpa ada pemasaran maka pelatihan yang kita berikan tidak sepenuhnya akan berhasil,”pungkasnya.

Untuk diketahui, sosok Afghani Wardhana adalah nama yang belakangan ini gencar menyosialisasikan pencalonannya sebagai cabup Pacitan. Pria yang merupakan Kepala Dispora Kota Surabaya ini adalah putra dari tokoh Pacitan Ali Murtadlo.

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan sendiri rencananya akan digelar pada Rabu (23/9/2020) mendatang. Adapun tahapan Pilbup baru akan dimulai pada akhir bulan September 2019 mendatang.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Penyunting: Dwi Purnawan