Dewan Soroti Dampak Hepatitis A Hingga Persiapan Pilkades di Pacitan

oleh -369 views
PARIPURNA. DPRD Kabupaten Pacitan mengelar agenda rapat paripurna, Rabu (24/7/2019). (Foto: Agus Hermawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan mengelar rapat paripurna dengan agenda pengambilan keputusaan terhadap rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019.

Rapat paripurna tersebut digelar pada Selasa (24/7/2019) di Gedung DPRD Kabupaten Pacitan, Jalan Ahmad Yani nomor 60 Pacitan.

Sejumlah agenda menjadi titik fokus pembahasan tersebut, salah satunya sorotan DPRD Pacitan terkait dampak hepatitis A terhadap sektor pariwisata dan persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Anggota DPRD Kabupaten Pacitan Anung Dwi Ristanto mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menyelesaikan persoalan turunnya jumlah wisatawan sektor pariwisata yang terdampak diduga karena Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit Hepatitis A yang terjadi di Pacitan.

“Terhadap KLB Hepatitis A, dapat berdampak pada penurunan jumlah wisatawan, maka dari itu agar pemerintah dapat menjembatani agar permasalahan tersebut dapat segera teratasi,”katanya saat membacakan laporan hasil rapat Badan Anggaran (Banggar) terhadap KUA-PPAS perubahan APBD tahun 2019 Kabupaten Pacitan.

Selain itu, Anung juga mengatakan agenda politik Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Pacitan beberapa bulan mendatang perlu segera disiapkan. “Dalam rangka pelaksanaan Pilkades 2019 serentak, ada potensi kerawanan, untuk itu harus segera diantisipasi mulai awal,”ujar politikus Partai Demokrat ini.

Anung mengatakan perubahan APBD Pacitan tahun 2019 juga mengalami perubahan, yang semula Rp1,850 triliun berubah menjadi Rp2,15 triliun. Sehingga, dia berharap dengan adanya penambahan alokasi APBD tahun 2019, agar dalam pelaksanaannya dilakukan dengan tepat waktu.

Dalam kesempatan itu, Anung juga berharap para atlet daerah yang berprestasi untuk diberikan apresiasi berupa bonus untuk atlet.

Dalam pembahasan yang sudah dilakukan dari beberapa koreksi dan penyempurnaan, dari kesimpulan itu ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono menawarkan disepakati tentang nota rancangan KUA-PPAS perubahan tahun anggaran 2019.

Rapat paripurna ditutup oleh ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono dan disetujui oleh semua anggota paripurna yang hadir.

Hadir dalam rapat tersebut Bupati Pacitan Indartato, pimpinan DPRD Pacitan, Sekretaris Daerah Suko Wiyono, Dandim 0801/Pacitan Letkol kav. Aristoteles Hengkang Nusa Lawitang, Kabang Perencanaan Polres Pacitan Kompol Slamet Hariyoso, Sekretaris DPRD Haryo Jumanto dan sejumlah tamu undangan.

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan