Bawaslu Pacitan Gelar Apel Siaga Jelang Hari Tenang Pemilu 2019

oleh -366 views
Ketua Bawaslu Pacitan saat membacakan sambutan apel siaga. (Foto: SRW)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pacitan menggelar apel siaga menjelang hari tenang Pemilu 2019 pada Sabtu (13/4/2019) di Gedung Sasono Aji Mulyo Jalan Marsma Adi Sucipto Dusun Krajan Desa Mentoro Kecamatan Pacitan.

Saat membacakan amanat Ketua Bawaslu RI, Ketua Bawaslu Pacitan Berty Stevanus HRW menyampaikan bahwa Pemilu adalah perayaan demokrasi yang patut dirayakan dengan penuh sukacita, damai, dan rasa kebanggaan sebagai sebuah bangsa yang beradab.

Pemilu kali ini, menurut Berty, merupakan pengalaman baru bagi Bawaslu yang mana ini adalah pertama kalinya dalam sejarah di Indonesia memilih anggota DPR, DPD, Presiden, DPRD Provinsi maupun kota secara serentak.

“Aspek keserentakan dari Pemilu kali ini, menjadi ujian besar bagi Bawaslu sebagai Lembaga pengawas pemilu yang telah mendedikasikan diri menjaga hak pilih rakyat,”kata dia.

Sehingga, apel siaga yang diselenggarakan oleh Bawaslu adalah dalam rangka mengecek kesiapan jajaran Bawaslu dalam pengawasan hari tenang, yang mana hari tenang dimulai pada tanggal 14-16 April 2019.

“Pasalnya hari tenang merupakan hari yang benar-benar bersih, tidak ada kampanye dan money politics, hari tenang ini adalah titik krusial, karena pada hari tenang biasanya malah terjadi proses-proses yang begitu merusak demokratis, baik money politic maupun kampanye di hari tenang,”jelasnya.

Lebih lanjut, Berty mengungkapkan Bawaslu telah melakukan berbagai upaya serius guna mengakselerasi kesiapan dan kematangan seluruh jajaran dalam menghadapi setiap tahapan pemilu, termasuk menyiapkan penyelenggaraan pengawasan masa tenang, hari pungut hitung, dan rekapitulasi serta kesiapan penanganan pelanggaran dan potensi sengketa proses Pemilu.

“Beberapa kerawanan yang kemungkinan terjadi menjelang pemilu, saat pemilu, dan pasca pemilu antara lain kerumunan massa, mobilisasi massa, praktik politik uang, propaganda isu Sara, dan berita tidak benar,”papar dia.

Berty mengatakan tugas mengawasi pemilu adalah panggilan mulia yang harus di tuntaskan dengan baik.

Dia mengapresiasi kepada seluruh jajaran Bawaslu yang telah mendedikasikan sebagai pengawal demokrasi,untuk memenuhi panggilan tugas yang mulia. “Pelaku politik uang adalah musuh

Apel siaga tersebut diikuti seluruh komisioner Bawaslu Pacitan dan juga perwakilan Parpol Peserta Pemilu 2019.

Hadir juga sejumlah tokoh, diantaranya Sekda Pacitan Suko Wiyono, Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Kav.Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang, Kapolres Pacitan AKBP Sugandi, Kepala Kejaksaan Negeri Pacitan Adji Ariono, Kepala Kemenag Pacitan Moh Nurul Huda, Ketua KPU Pacitan Damhudi, Kepala Kesbangpol Pacitan Suhariyanto, Kepala Dinas Perhubungan Pacitan Wasi Prayitno, Kepala Satpol PP Pacitan Widy Sumardji dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya. (SRW/RAPP002)