Pemkab akan Segera Bangun Kembali Jembatan Putus di Tegalombo

oleh -645 views
warga nekat melintasi jembatan putus di Desa Kemuning, Kecamatan Tegalombo. (Foto: Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Pemerintah Kabupaten Pacitan akan segera membangun jembatan Tosari di Desa Kemuning, Kecamatan Tegalombo yang terputus akibat bencana alam banjir pada Rabu (6/3/2019) lalu.

Bupati Pacitan Indartato saat meninjau kawasan tersebut pada Senin (11/3/2019) lalu mengatakan pemerintah akan membangun jembatan tersebut pada tahun ini.

“Langsung tahun ini, termasuk jembatan di Desa Tremas, namun untuk jembatan Tosari secara teknis harus bertahap,”kata dia, seperti dikutip Pacitanku.com dari laman resmi Pemkab Pacitan pada Selasa (12/3/2019).

Lebih lanjut, Indartato mengatakan jembatan permanen untuk roda empat tersebut menjadi prioritas pemerintah di tahun 2019 dan akan dilanjutkan pada tahun selanjutnya, menghabiskan anggaran Rp28 miliar yang bersumber dari rehabilitasi dan rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Indartato juga menyampaikan apresiasi kepada warga yang bersedia bergotong royong dan rela menggunakan jembatan darurat untuk mendukung mobilitas. “Kami tetap melaksanakan langkah cepat demi warga kita,” tambah Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan bantuan kepada warga korban bencana tanah longsor di Desa Ploso dan Tahunan Kecamatan Tegalombo, didampingi Wakil Bupati Yudi Sumbogo dan Pejabat di lingkungan Pemkab Pacitan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan mengatakan akses sebanyak 400 Kepala Keluarga (KK) di empat desa, seperti desa Tegalombo, Desa Kemuning, Desa Kasihan dan Desa Ngreco yang terlewati sungai Grindulu harus terisolasi untuk sementara waktu akibat putusnya sejumlah jembatan.

Jembatan yang putus akibat banjir tersebut yakni jembatan Gedangan di Desa Gedangan dan jembatan Tosari di Desa Kemuning Kecamatan Tegalombo. (Pemkab/RAPP002)