Dua Rumah Warga Bandar Rusak Berat Akibat Diterjang Longsor

oleh
Rumah Sadi Watupatok rusak diterjang longsor. (Foto: SRW/Pacitanku)

Pacitanku.com, BANDAR – Dua rumah warga di Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan rusak berat akibat diterjang tanah longsor pada Rabu (6/3/2019). Peristiwa tersebut terjadi setelah hujan deras dengan intensitas tinggi di kawasan itu.

Informasi dari Komandan Rayon Militer (Danramil) 0801/06 Bandar Kapten Inf  Sutomo mengatakan bencana tanah longsor di Desa Watupatok setidaknya menimpa dua rumah warga dan menutup akses jalan yang menghubungkan Desa Jeruk, Desa Bangunsari dan Desa Bandar.

“Rumah warga yang terdampak longsor di Desa Watupatok adalah Rumah Bapak Sadi di Dusun Pudak Desa Watupatok, rumah roboh tekena longsoran tanah bercampur batu, kemudian rumah Bapak Marsaid alamat Dusun Banaran Desa Watupatok, rumah rata dengan tanah akibat terkena longsoran,”katanya, Rabu malam.

Sutomo mengatakan tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, namun kerugian akibat bencana itu dialami Sadi Dusun Pudak dengan kerugian Rp50 juga dan Marsaid Dusun Baaran dengan kerugian sekitar Rp70 juta.

Sutomo mengatakan jalan yang menghubungkan antar desa tertutup longsor dan belum bisa dilalui kendaraan.

Selain di Desa Watupatok, peristiwa tanah longsor juga terjadi di Dusun Tawang, Desa Ngunut, Kecamatan Bandar pada Rabu (6/3/2019) pukul 17.00 WIB. Peristiwa tersebut menimpa rumah Mispan (40 thn) RT/RW 02/XII Dusun Tawang, Desa Ngunut, Kecamatan Bandar.

“Hujan deras dan pada pukul 17.00 WIB, tebing yang berada di atas rumah longsor dan menimpa rumah Bapak Mispan mengakibatkan dinding rumah tertimpa tanah longsor, kerugian sekitar Rp 1 juta,”kata dia.

Atas bebeberapa bencana alam itu, Sutomo menuturkan pihaknya bersama masyarakat sekitar mendatangi TKP selanjutnya mengungsikan pemilik rumah ketempat yang lebih aman.

Dia juga menimbau untuk waspada terhadap bahaya tanah longsor yang bisa menimpa sewaktu-waktu menyusul hujan dengan intensitas tinggi. (RAPP002/SRW)