Pemkab Berupaya Dorong Kemajuan Komoditas Cabai-Janggelan di Pacitan Utara

oleh -481 views
Bupati Pacitan Indartato saat tilik desa di Kecamatan Bandar, Senin (11/2/2019) lalu . (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, BANDAR – Pemerintah Kabupaten Pacitan berupaya mendorong kemajuan komoditas pertanian berupa cabai dan janggelan di wilayah Pacitan utara, khususnya di Kecamatan Bandar.

Bupati Pacitan Indartato saat tilik desa di Kecamatan Bandar, Senin (11/2/2019) lalu mengatakan komoditas cabai dan janggelan di kawasan tersebut menjadi kebanggaan tersendiri sebagai penopang perekonomian masyarakat.

Karenanya, pemerintah daerah dengan kekuatan anggaran yang ada, berupaya menyokong kemajuannya. “Utamanya cabe dan janggelan,” ujar Indartato seperti dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan pada Kamis (14/2/2019).

Dia mengatakan bentuk dukungan tersebut berupa berupa pembangunan akses, aik pertanian maupun sarana jalan menuju pusat-pusat perekonomian. Seperti jalan-jalan desa dan penghubung antar kecamatan.

Hanya saja, imbuh Indartato, karena jumlah anggaran yang terbatas, pembangunan maupun perbaikan dilakukan secara bertahap.

Menurut Bupati, pertanian di wilayah Bandar berkembang cukup baik karena berbagai faktor. Diantaranya ketersediaan air, kondisi tanah, dan ketinggian. Tetapi masih ada kendala yang dihadapi para petani, yakni merosotnya harga saat musim panen tiba. Terkait hal tersebut, ia menyarankan agar membentuk koperasi.

Pada kesempatan tilik warga itu Bupati bersama para kepala OPD menyerahkan bantuan bagi warga kurang mampu, APE untuk sekolah PAUD, ratusan zak semen, serta peralatan kerja. Lima desa yang dikunjungi yakni Watupatok, Bangunsari, Bandar, Tumpuk, dan Jeruk. (Humas Pemkab)