Menyibak Keindahan Pantai Klayar, Watukarung, Pidakan

oleh -2.546 views

Pacitanku.com, PACITAN – Pacitan adalah salah satu kawasan di Indonesia yang memiliki potensi alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang membuat orang tertarik mengunjungi Pacitan, adalah karena banyaknya pantai di kampung halaman SBY ini.

Baca juga: Ini Dia 17 Pantai Elok di Sepanjang Perairan Pacitan

Berdasarkan catatan Pacitanku.com, setidaknya ada 66 pantai yang terbentang dari ujung barat hingga ujung timur Pacitan. Nah, kali ini kita akan mereview tiga diantara pantai-pantai di Pacitan yang merupakan kawasan terbaik untuk Anda kunjungi sebagai tempat untuk melepas penat.

1. Pantai Klayar

Yang pertama adalah pantai Klayar. Pantai ini menjadi pantai dengan daya tarik nomor satu di Pacitan. Dengan panorama alam memikat, pasir putih, karang dan bebatuan yang mirip dengan sphinx, pantai ini menjadi target kunjungan utama wisatawan.

Baca juga: Keindahan Pantai Klayar Pacitan Bagai Sepetak Taman Surga

Pantai yang terletak di Dusun Sambi dan Dusun Kendal, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo ini bisa ditempuh dengan jarka skeitar 40 kilometer dari pusat kota.

Saat ini, pantai Klayar ini terus dikembangkan menjadi destinasi unggulan di Pacitan. Pembenahan lahan parkir terus dilakukan, penertiban PKL, hingga penataan dan polesan cantik kawasan tersebut terus dilakukan pemerintah setempat. Tak heran, pantai ini menjadi penyumbang terbanyak Pendapatan Asli Daerah dari sektor pariwisata.

2. Pantai Watukarung

Selanjutnya adalah Pantai Watukarung yang terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku. Pantai ini juga memiliki panorama alam yang tak kalah memikat.

Dengan ombak laut yang begitu besar, pantai ini juga dimanfaatkan oleh para pegiat selancar untuk menampilkan atraksinya menari diatas ombak. Selain itu, panorama karang bebatuan menambah asri pesona pantai ini.

Baca juga: Serunya Kaka Slank Menikmati Keindahan Pacitan

Pantai ini juga menjadi salah satu destinasi unggulan di Pacitan. Berbagai fasilitas pun terus diperbanyak di kawasan pantai ini, seperti homestay, jogging track hingga area hijau. Pantai ini juga sering dimanfaatkan oleh pegiat perfilman untuk melakukan syuting di Pantai. Sebut saja salah satunya film “Kulari ke Pantai” yang memanfaatkan kawasan Pantai Watukarung untuk lokasi syuting.

Para tokoh nasional dan artis kenamaan ibukota pun seringkali menjadikan Watukarung menjadi tempat berlibur. Sebut saja Agus Yudhoyono, Ani Yudhoyono, Ibas, Imam Darto sang presenter, Kaka Slank, Ibnu Jamil, Mira Lesmana, Hamish Daud dan banyak lagi para artis yang pernah berlibur ke Pantai ini.

3. Pantai Pidakan

Pantai yang tak boleh dilupakan berikutnya adalah Pantai Pidakan. Pantai yang terletak di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan ini menjadi salah satu tujuan wisata di Pacitan, utamanya di jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa.

Baca juga: Menikmati Keindahan Panorama Pantai Pidakan

Berada tepat di tepi Pansela, Pantai Pidakan menjadi favorit pengunjung, utamanya yang ingin menikmati suasana berbeda dari Pantai kebanyakan. Jika kebanyakan pantai adalah pasir putih, seperti di Klayar dan Watukarung, maka di Pantai Pidakan sedikit berbeda. Sebab mayoritas hamparan pantainya diselimuti bebatuan beraneka ragam dan jenis. Bebatuan ini bisa juga untuk terapi bagi Anda yang merasakan pegal di kaki.

Tak hanya itu, Pantai Pidakan yang terus dikembangkan oleh pengelola setempat dengan berbagai sarana dan prasarananya, seperti area MCK, parkir yang luas, hingga event tahunan yang dikemas dengan baik oleh pengelola setempat.

Jadi, diantara tiga pantai tersebut, Pantai Klayar, Watukarung dan Pidakan, Anda memilih yang mana?