Kawasan Wisata Bukit Cakrawala Diresmikan, Biayanya Masih Gratis

oleh -572 views
Peresmian Bukit Cakrawala oleh Camat Tegalombo. (Foto: Djoko Putro Utomo/FB)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Kawasan wisata bukit Cakrawala yang terletak di Dusun Krajan, Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo akhirnya diresmikan pada Kamis (27/12/2018) oleh Camat Tegalombo Djoko Putro Utomo.

Peresmian kawasan wisata yang terletak di perbukitan Desa Kasihan tersebut dirangkaikan dengan penghijauan di area kawasan wisata tersebut yang merupakan kerja sama Pemerintah Desa (Pemdes) Kasihan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Solo dan DPRD Kabupaten Pacitan.

Baca juga: UMM Kembangkan Ekowisata di Perbukitan Kecamatan Tegalombo

Peresmian kawasan wisata yang terdapat wahana flying fox tersebut langsung dilakukan oleh Camat setempat dengan memperagakan menyusur flying fox oleh salah satu relawan dengan membawa balon bertuliskan bukit cakrawala.

Kepala Desa Kasihan, Sudirno saat dihubungi Pacitanku.com usai peresmian tersebut mengatakan kepada para wisatawan yang hendak mengunjungi kawasan tersebut masih dibebaskan biayanya alias gratis. “Obyek  wisata sementara  masih kita bebaskan,”kata dia.

Lebih lanjut, Sudirno mengatakan pihaknya akan segera melakukan rapat koordinasi untuk digulirkan Peraturan Desa (Perdes) kawasan tersebut. “Baru besok mau  kita  rapatkan  dan di perdes kan, nanti kita  info,”ujar dia.

Kawasan wisata bukit cakrawala ini berada di luasan lahan sekitar 5 hektar, yang mau dikemas untuk wisata edukasi dan wisata alam.

Pemdes Kasihan bekerja sama dengan Tim Ekspedisi Biokonservasi (TEB) Wisata Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memang saat ini mengembangkan kawasan ekowisata di bukit Cakrawala.

Ekowisata yang tengah dikembangkan di kawasan perbukitan tersebut salah satunya berisikan wahana flying fox dengan panjang 215 meter. Proses uji coba flying fox sendiri sudah dilaksanakan oleh TEB Malang pada Senin (19/11/2018) dan berjalan dengan lancar. Selain itu juga ada berbagai macam bunga, seperti  bunga matahari, rosella dan bunga nusa indah.

Pewarta: Dwi Purnawan