Gatot Sudjito Peduli Ekonomi Desa di Pacitan

oleh -131.304 views
Gatot Sudjito meresmikan BUMDes “kridha taruna” dan program infrastruktur sosial ekonomi wilayah (PISEW) di pasar Desa Pelem, Kecamatan Pringkuku pada Kamis (27/12/2018). (Foto: SR)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Anggota Komisi V DPR RI Gatot Sudjito peduli ekonomi desa dengan turun langsung bersentuhan dengan masyarakat di Desa Pelem, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Untuk diketahui, peningkatan ekonomi rakyat merupakan salah satu program prioritas nasional, yakni dengan menggandeng kementrian desa melalui pemberdayaan badan usaha milik desa (BUMDes). Upaya itu dilakukan untuk mendorong sekaligus menggairahkan kembali ekonomi masyarakat.

Anggota DPR RI dari Partai Golkar Gatot Sudjito meresmikan BUMDes “Kridha Taruna” dan program infrastruktur sosial ekonomi wilayah (PISEW) di pasar Desa Pelem, Kecamatan Pringkuku pada Kamis (27/12/2018).

Peresmian dilakukan dengan pemotongan tumpeng oleh legislator Fraksi Partai Golkar tersebut bersama Camat Pringkuku, Kepala Desa Pelem, Kepala Desa Taman Asri dan Kepala Desa Glinggangan.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi renovasi pasar sekaligus pemotongan pita sebagai penanda BUMDes Desa Pelem telah resmi dibuka.

“Banyak aspek yang dapat dilakukan untuk mendorong masyarakat tumbuh berkembang dan kuat secara ekonomi, disamping basis desa sesuai kemitraan komisi V, yakni Kementerian Desa. Salah satu programnya adalah bumdes dalam rangka bantuan permodalan maupun mendorong perekonomian masyarakat,”kata Gatot dalam keterangannya.

“Melalui peresmikan BUMDes diharapkan terjadi penguatan sekaligus menggairahkan ekonomi rakyat secara optimal, selain itu, pengelolaan badan usaha milik desa dilakukan oleh mayoritas anak muda sehingga kaum milenial mampu berkarya melalui berbagai program unggulan,”imbuhnya.

Di kabupaten Pacitan sendiri, ada 10 desa yang mendapat program infrastruktur sosial ekonomi wilayah (Pisew). Sementara floating desa lain dibagi untuk wilayah Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Ngawi.

Melalui program tersebut, BUMDes bisa terus didorong oleh pemerintah desa dengan support motivasi hingga alokasi anggaran, meskipun terbatas namun diharapkan hal ini menjadi stimulan dalam menggairahkan ekonomi desa.

Kegiatan ditutup dengan pemberian bantuan makanan tambahan balita secara simbolis di Pustu Desa Pelem. (SR/RAPP002)