SBY Datang, Pacitan Catatkan Rekor MURI 5.000 Penabuh Ronthek

oleh -766 views
Ribuan penabuh ronthek memecahkan rekor MURI. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pacitan sukses mencatatkan rekor MURI untuk kategori penabuh ronthek terbanyak serentak pada Sabtu (8/12/2018) di Stadion Pacitan. Yang cukup menarik, acara yang merupakan rangkaian “Festival Wonderful Kota 1001 Goa-Pacitan” tersebut dihadiri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Eksekutif Menegar MURI Sri Widayati mewakili Jaya Suprana menjelaskan pihaknya mendukung kegiatan tersebut sebagai upaya pemerintah Pacitan untuk turut Nguri uri Khasanah budaya kabupaten Pacitan.

Sebelumnya Rekor MURI sempat diraih pada tahun 2012 dengan katagori Superlatif atau katagori peserta terbanyak yakni 2.818.“Jika kegiatan ini berhasil maka akan menumbangkan rekor sebelumnya, dan tercatat sebagai rekor dunia MURI pada nomor 8876,”katanya, seperti dikutip laman Pemkab Pacitan.

Bupati Pacitan Indartato sendiri berharap berhasil memecahkan rekor tersebut.“Dengan dukungan semua pihak, semoga kesenian kita ini semakin dikenal baik di kancah Nasional dan Internasional,”kata dia.

Pada kesempatan itu, sebanyak 5000 peserta Ronthek dan 2500 peserta 3D Mozaik dari pelajar baik SMP dan SMA melaksanakan tugas masing-masing secara sempurna dengan durasi 10 menit serta diiringi lagu Pacitan Kutho Pariwisoto

SBY hadir pada kesempatan tersebut didampingi Istri Ani Yudhoyono, Putra Kedua Edhie Baskoro Yudhoyono beserta Istri Aliya Rajasa, serta turut hadir mendampingi Bupati Indartato dan Istri Luki Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Bety Suko Wiyono dan sejumlah pejabat Pemkab. (Diskominfo/RAPP002)