Pemkab Pacitan akan Patenkan Ronthek Setelah Pecahkan Rekor MURI

oleh
acitan sukses mencatatkan rekor MURI untuk kategori penabuh ronthek terbanyak serentak pada Sabtu (8/12/2018) di Stadion Pacitan. (Foto: Dok. MURI)

Pacitanku.com, PACITAN – Pacitan sukses mencatatkan rekor MURI untuk kategori penabuh ronthek terbanyak serentak pada Sabtu (8/12/2018) di Stadion Gelora Arga Lima Pacitan dengan nomor 8776.

Yang cukup menarik, acara yang merupakan rangkaian “Festival Wonderful Kota 1001 Goa-Pacitan” tersebut dihadiri Presiden ke-6 RI SusiloBambang Yudhoyono (SBY).

Atas raihan prestasi itu, Bupati Pacitan Indartato berencana mematenkan Ronthek menjadi seni budaya Pacitan, seperti halnya Reyog Ponorogo.

Baca juga: SBY Datang, Pacitan Catatkan Rekor MURI 5.000 Penabuh Ronthek

“Ronthek ini awalnya sebagai gugah sahur pada setiap bulan romadhon, lantas pemerintah daerah membuka ajang perlombaan seni rontek pada tahun 2012 lalu, kemudian ditahun 2018 ini rontek meraih MURI, kedepannya rontek ini akan dipatenkan menjadi seni budaya Pacitan, seperti halnya Ponorogo mempunyai seni budaya reyog,”kata dia.

Eksekutif Managar MURI Sri Widayati mewakili Jaya Suprana menjelaskan pihaknya mendukung kegiatan tersebut sebagai upaya pemerintah Pacitan untuk turut Nguri uri Khasanah budaya kabupaten Pacitan.

“Kami memberikan apresiasi kegiatan ini karena sambutan masyarakat sangat atusias. Pesertanya juga dari semua kalangan, dari siswa sekolah SMP,SMA dan SMK serta masyarakat umum,” ujar dia.

Ditambahkannya, dipilihnya jenis musik rontek untuk dicatatkan dalam rekor MURI bukan tanpa alasan. Musik tabuh berbahan bambu ini, terang dia, merupakan tradisi rakyat yang perlu dilestarikan.

Selain itu, keberadaan seni tradisional tersebut diharapkan dapat mendukung promosi wisata yang sedang gencar dilakukan “Biasanya tradisi rontek dilakukan warga saat ronda atau untuk membangunkan warga saat hendak makan sahur pada Bulan Ramadan,” jelasnya.

SBY hadir pada kesempatan tersebut didampingi Istri AniYudhoyono, Putra Kedua Edhie Baskoro Yudhoyono beserta Istri Aliya Rajasa, serta turut hadir mendampingi Bupati Indartato dan Istri Luki Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Bety Suko Wiyono dan sejumlah pejabat Pemkab.

Pewarta: Elsi Budi Cahyono
Penyunting: Dwi Purnawan