Pacitan Canangkan Menyehatkan Jajanan Keliling dengan “Jamali”

oleh -1.102 views
Pemkab upayakan menyehatkan jajanan keliling dengan Jamali. (Foto: Pemkab Pacitan/Diskominfo)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan terus berupaya menyehatkan jajanan keliling dengan konsep Penjamah Makanan Keliling (Jamali).

Untuk diketahui, jajanan keliling yang biasa dijual di sekolah-sekolah harus sehat. Baik dari bahan, penanganan, maupun saat dikonsumsi. Itu sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui dinas terkait untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

 “Tentunya masih ada upaya-upaya lain yang saling terkait dan mendukung. Baik dari Dinas Kesehatan sendiri maupun OPD lain,” kata Bupati Indartato saat peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 di alun-alun kota, Minggu (25/11/2018) dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Dia mengatakan, salah satu upayanya adalah melalui pencanangan penyehatan jajanan keliling atau Jamali (penjamah makanan keliling) salah satunya. Dimana tujuannya untuk menjamin keamanan dan kemurnian makanan, mencegah konsumen dari penyakit, dan mencegah penjualan makanan yang akan merugikan konsumen.

Nantinya, kata dia, para petugas dari masing-masing Puskesmas diwilayah mengkordinir para pedagang keliling. Tidak itu saja. Pada peringatan HKN kali ini juga dilaksanakan ikrar Jamali oleh perwakilan pedagang.

Dalam ikrar disebutkan bahwa mereka akan menyediakan bahan olahan pangan bermutu dan berkualitas. Selain itu, dalam pemrosesan akan menggunakan standar pengolahan makanan sehat, tanpa menambahkan bahan-bahan berbahaya sehingga merugikan kesehatan.

Dikatakan Indartato, dalam perda nomor 5/2016 tentang RPJMD, arah pembangunan kesehatan ada tiga. Yakni perilaku sehat, lingkungan sehat, dan pelayanan kesehatan prima. “Semoga kita dapat melaksanakannya,” tegasnya sambil berharap agar kegiatan Jamali maupun Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) terus dilakukan.

Pada kesempatan itu pula diserahkan penghargaan dan piala dari kejuaraan lomba pada rangkaian HKN. Diantaranya lomba STBM yang dimenangkan oleh Puskesmas Kecamatan Tulakan, disusul Kecamatan Tegalombo serta Pacitan.

Tak ketinggalan, sebanyak enam desa ikut mendeklarasikan STBM, yaitu Desa Tambakrejo (Pacitan), Kluwih (Tulakan), Sawahan (Donorojo), serta Mendolo Lor, Ploso, dan Kendal (Punung). (Humas Pemkab Pacitan)