Ketersediaan Pangan di Pacitan Masih Mencukupi

oleh -0 Dilihat
KETAHANAN PANGAN. Bupati Pacitan saat memberikan sambutan dalam Rakor Ketahanan Pangan pada Senin (26/11/2018). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Sekretaris Dewan Ketahanan Pangan Bambang Supriyoko mengatakan ketersediaan pangan diwilayah Kabupaten Pacitan dilihat dari faktor produksi masih mencukupi dibanding dengan jumlah penduduk dalam satu tahun ini.

Hal itu dikatakan Bambang saat rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan pada Senin (26/11/2018) di gedung Karya Dharma, Pemkab Pacitan.

 “Dilihat dari produksi secara keseluruhan satu tahun dibanding dengan jumlah penduduk yang ada. Dengan (asumsi kebutuhan,Red) 249,32 gram per hari,” ujar dia, seperti dalam siaran pers Humas Pacitan.

Saat ini, kata dia, secara akumulatif jumlah cadangan pangan diwilayah barat daya Jawa Timur ini mencapai lebih dari 2 ribu ton. Baik yang berada di masyarakat sendiri, milik pemkab, maupun Bulog. “Tahun depan pemkab menargetkan stok cadangan pangan diangka 100 ton. Lebih banyak dari stok tahun ini, yakni 36,4 ton,”tandasnya.

Meski demikian ada beberapa komoditas yang harus dicermati. Karena belum dapat dipenuhi dari petani lokal. Salah satunya telur.

 “Untuk ikan, yang perlu kita dorong adalah peningkatan konsumsi ikan melalui OPD bersangkutan. Dengan gerakan Gemar Makan Ikan,” terang Bambang.

Sementara, Bupati Indartato menyampaikan permasalahan ketersediaan dan akses pangan menjadi sangat vital. Karena rentan memicu konflik sosial. “Pertama menyediakan, kemudian keterjangkauan ke setiap warga, kemudian konsumsinya,” kata dia.

Dia mengatakan agenda rakor menjadi evaluasi pelaksanaan tahun 2018 sekaligus perencanaan kerja ditahun depan. Muaranya tentu pada ketersediaan dan kecukupan pangan bagi masyarakat melalui program-program dari OPD terkait. “Pola pangan harapan kita meningkat. Nilainya menjadi 81,”pungkasnya. (Humas Pacitan/RAPP002)