DPR-BKKBN Sosialisasikan Pengembangan Kampung KB di Desa Gendaran Donorojo

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com, DONOROJO – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur sosialisasikan Pengembangan Kampung KB dengan menggandeng mitra kerja Komisi IX Anggota DPR RI untuk mensosialisasikan program keluarga berencana (KB) di berbagai daerah di Jawa Timur.

“Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah yang salah satunya wujud pembangunan Nawacita yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dalam menciptakan keluarga berkualitas melalui Kampung KB, mari bersama-sama menciptakan keluarga berkualitas melalui KB,” kata Anggota DPR RI Komisi IX  yakni, Nur Suhud, Sabtu (29/9/2018).

Dia mengatakan pihaknya sebelumnya telah menggelar sosialisasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui acara komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) di beberapa Desa se-Dapil VII Jatim.

Sementara itu, Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan KKB Malang Uni Hidayati, menyampaikan program sosialisasi pengembangan kampung KB ini memang sudah sejak tahun 2016 dicanangkan, dan ditahun 2016 sudah terbentuk 141 Kampung KB, di tahun 2017 sebanyak 725 Kampung KB dan sudah mencapai 109 persen.

“Sedangkan ditahun 2018 kita masih mensosialisasikan di 38 kota se Jawa Timur, untuk sasarannya khususnya di wilayah miskin, tahun 2019 harus sudah mencapai 100 persen,”katanya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya bermitra kerja dengan komisi IX DPR RI sebagai kontrol sosial program Kampung KB.

Dia mengatakan keluarga merupakan lingkungan pertama yang dikenal oleh anak, oleh karena itu keluarga berperan menjadi fondasi utama dalam membangun karakter anak dalam masa yang akan datang.”Oleh karena itu, melaksanakan fungsi keluarga tidak bisa asal-asalan, walaupun tidak mudah,”pungkasnya.

Pewarta: Elsi Budi Cahyono
Penyunting: Dwi Purnawan