Gandhang Gondho Waskito Pacitan Raih Prestasi Membanggakan di Festival Dalang Bocah Nasional

oleh
Gandhang Gondo Waskito (baju putih) usai tampil di Festival Dalang Bocah Nasional. (Foto: Dok. Dalang Bocah)

Pacitanku.com, PACITAN – Dalang muda Pacitan, Gandhang Gondho Waskito berhasil meraih prestasi membanggakan dalam Festival Dalang Bocah dan Festival Dalang Muda tingkat nasional tahun 2018 yang digelar di pelataran Candi Bentar, Taman Mini Indonesia Indah DKI Jakarta sejak Kamis (20/9/2018) hingga Minggu (23/9/2018) kemarin.

Dalang muda yang kin sedang bersekolah di SMPN 1 Pacitan tersebut berhasil meraih prestasi delapan penyaji terbaik non ranking dalam festival nasional tersebut. Membawakan lakon Sang Karna Basusena, dalang berusia 12 tahun tersebut sukses menunjukkan performa terbaiknya.

Gandhang yang berada di urutan nomor 29 menampilkan Wayang Kulit Surakarta. Dia pun bersama tujuh dalang bocah lainnya sukses meraih predikat tersebut.

Selain Gandhang, peraih predikat 8 penyaji terbaik non ranking adalah Khanha Ade Kosasih “Jaya Parbangsa” dari Bandung, Jawa Barat, Muhammad Zaky Kaditama “Chandhabirawa Sang Bagaspati” dari DI Yogyakarta, Henokh Mbabar Wangit “Jarasanda Lena” dari Wonogiri Jawa Tengah.

Kemudian Yudistira Manunggal Rahmaning Urip “Kumbakara Gugur” dari Purwakarta Jawa Barat, Kanastren Nariswara Darmanasti “Srikandi Mustakaweni” dari Surakarta Jawa Tengah, Guntur Gagat Triputranto “Gatotkaca Gugur” dari Sragen Jawa Tengah, Sri Bawono Kusdi Waluyo “Sawung Suralaya” dari Mojokerto Jawa Timur.

Ketua PEPADI Pusat, Kondang Sutrisno dalam sambutannya, seperti dikutip dari laman Dalang Bocah, Senin (24/9/2018) menekankan pentingnya semangat dari seluruh penampil yang telah memberikan hasil terbaiknya.

“Kepada anak-anak kami yang belum mendapatkan kesempatan mendapatkan penghargaan terbaik kali ini, berjanjilah untuk terus mencintai wayang dan terus meningkatkan kemampuan diri masing-masing. Kepada anak-anak kami yang mendapatkan penghargaan, jangan mudah besar diri, dan terus mau meningkatkan potensi dirinya masing-masing,”kata dia.