Berkenalan dengan Kopi Robusta dari Kecamatan Nawangan dengan Rasa Super Nikmat

oleh -1.132 views

Pacitanku.com, NAWANGAN – Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan selama ini dikenal dengan wisata Monumen Jenderal Soedirman dan budaya Kethek Ogleng. Namun siapa sangka, Kecamatan yang di wilayah utara Pacitan ini juga memiliki potensi kopi unggulan, yakni kopi robusta.

Dengan ketinggian antara 500 sampai dengan 1.000 mdpl, Nawangan memiliki kopi yang nikmatnya bisa dibandingkan.

Salah satu jenis kopi terbaik dari Kecamatan Nawangan adalah Kopi Robusta yang juga merupakan varian unggulan dan menduduki peringkat kelima di Pusat Penelitian Kopi Nasional.

Sayangnya, angka produksi kopi Nawangan dari petani di Desa Pakisbaru belum maksimal jika menengok permintaan yang masuk.

Memang, kuantitas produksi kopi Nawangan, jika dibandingkan dengan daerah lain penghasil kopi robusta terbaik, seperti Lampung, Temanggung, Pati, dan sekitarnya belum begitu banyak.

Namun demikian, kualitas cita rasa kopi Robusta Nawangan bisa dibandingkan dengan daerah penghasil kopi tersebut.

Sujatmi (58), salah satu petani Kopi dari Dusun Krajan, Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan saat berbincang dengan Pacitanku.com, Minggu (2/9/2018) di Kecamatan Nawangan menuturkan kopi Robusta dari kawasan Nawangan, khususnya Desa Pakisbaru adalah salah satu produk unggulan dengan cita rasa yang digandrungi, utamanya para penggemar kopi.

Di pasaran, kopi ini dijual dengan harga lebih rendah dibanding arabika. Selain itu, aroma kopi robusta tidak sekuat arabika, dengan tingkat kekentalan sedang sehingga berat dan citarasa pahit. Kandungan kafein kopi ini lebih dari dua kali lipat arabika, yaitu berkisar 1,7-4%.

“Saya menjual kopi biasanya ke pasar yang sudah kering dijual Rp25 ribu per kilogram, saya juga melayani pesanan kopi, baik kopi yang biasa atau yang Robusta pilihan dengan rasa lebih enak,”kata dia.

Perempuan yang juga berprofesi sebagai Guru Pendidikan Agama Islam di SDN Pakisbaru I ini menceritakan selain dijual ke pasar, dirinya juga menerima pesanan kopi Nawangan untuk berbagai acara dalam jumlah banyak.

Dia kemudian memberikan ciri-ciri kopi Robusta Nawangan yang banyak digemari pecinta kopi. Yang pertama buah yang masih muda berwarna hijau, setelah masak berubah menjadi merah, kemudian meski telah matang penuh, buah robusta menempel dengan kuat pada tangkainya.

Adapun, jangka waktu dari mulai berbunga hingga buah siap panen berkisar 10-11 bulan.“Pancene kopi tuwek, gek pilihan abang-abang, terah enak (Memang kopi tua yang pilihan merah-merah dan enak-red),”pungkas dia. (RAPP002)