Tim Bola Voli Putra Kalahkan Thailand 3-2, Veleg Dkk Ditunggu Korsel di 8 Besar

oleh -1 Dilihat
Tim Voli Indonesia saat jumpa Thailand. (Foto: IST)

Pacitanku.com, JAKARTA – Tim bola voli putra Indonesia lolos ke babak perempat final Asian Games 2018 secara dramatis setelah mengalahkan Thailand dengan skor tipis 3-2 (25-22, 25-23, 23-25, 22-25, 15-12) pada laga kualifikasi 12 besar di Tennis Indoor, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (26/8/2018).

Veleg Dhany dan kawan-kawan langsung tampil menyerang pertahanan Thailand yang dikomando Kitikun Sri Utthawong.

Meski demikian, Thailand yang bisa mengimbangi permainan Rivan Nurmulki dan kawan-kawan sempat unggul 11-9 pada awal set pertama.

Setelah itu, kejar-mengejar angka mulai terjadi hingga posisi 16-15 untuk keunggulan Indonesia, setelah smes keras Sigit Ardian melesak masuk. Indonesia terus mempertahankan kemenangan dan menutup set pertama 25-22, setelah blok para pemain Thailand keluar lapangan pertandingan.

Pada awal set kedua, terjadi skor ketat 8-7 untuk keunggulan Thailand, yang mulai meladeni permainan agresif tim asuhan Samsul Jais. Indonesia mulai menipiskan ketertinggalan 12-13 setelah blok rapat Yuda Mardiansyah dan Rendy Tamamilang memberikan angka.

Namun, tim Garuda membalikkan keadaan dan memimpin 18-17, setelah servis Mawin Maneewong melebar ke belakang lapangan lawan. Indonesia yang tidak membiarkan kesempatan tim Gajah Putih untuk mengembangkan permainan, mengakhiri set kedua dengan skor 25-23 melalui smes Rivan Nurmulki.

Pada awal set ketiga, kedua tim memulai aksi dengan saling berbalas smes dan menghasilkan keunggulan 8-7 untuk Thailand.  Seperti pada dua set awal, pertarungan ketat maupun aksi berbalas skor mulai terjadi, meski tim asuhan Monchai Supajirakul masih memimpin 12-10.

Indonesia yang melihat celah dalam pertahanan Thailand mulai menggencarkan serangan cepat dan unggul 16-15 sebelum “technical time out” kedua. Namun, justru Thailand yang merebut set ketiga 25-23, setelah para pemain Indonesia berkali-kali melakukan kesalahan yang memberikan angka bagi lawan.

Kekuatan dua tim yang seimbang membuat pertandingan set keempat menjadi seru dengan kedudukan 10-10. Thailand menyulitkan pertahanan yang digalang Mahfud Nurcahyadi dan Sigit Ardian mulai unggul hingga 20-16.

Kegigihan Thailand dalam memanfaatkan kelengahan para pemain Indonesia terus dilakukan hingga Kissada Nilsawai dan kawan-kawan meraih set keempat 25-22.

Indonesia sempat unggul 10-9 di set penentuan (kelima) dalam pertandingan yang mulai memakan stamina dan hilangnya konsentrasi di momen-momen kritis. Tim garuda bahkan sempat memimpin 13-12, sebelum akhirnya menutup set penentuan dengan 15-12, setelah servis Rendy Tamamilang tidak terhadang pemain-pemain Thailand.

Dengan kemenangan ini, maka Indonesia dipastikan akan menghadapi Korea Selatan pada babak perempat final. Dalam pertandingan yang dipadati ribuan fans bola voli Indonesia di Tennis Indoor GBK, ikut hadir menyaksikan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Indonesia sendiri akan meladeni kekuatan Korea Selatan dalam pertandingan perempat final yang akan berlangsung di Tennis Indoor, GBK, Senayan, Jakarta, pada Rabu (28/8).

Video detik-detik Indonesia kalahkan Thailand di cabor Bola Voli

Sumber: Antaranews.