Punung Juara Lomba Panjat Pinang 2018 dan Dapat Hadiah dari SBY

oleh -131.824 views
Panjat Pinang. Semarak lomba panjat pinang HUT RI di Pacitan pada MInggu (26/8/2018). (Foto: Wahyu Sapto Hartono)

Pacitanku.com, PACITAN – Agenda lomba panjat pinang yang digelar untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia di Pacitan, Minggu (26/8/2018) di alun-alun Pacitan berlangsung sangat meriah.

Aksi panjat pinang atau dalam bahasa jawa disebut “menek pucang” yang dilakukan para peserta yang merupakan perwakilan dari 12 Kecamatan di Pacitan menjadi hiburan tersendiri bagi tak kurang dari 3 ribu masyarakat Pacitan yang menyaksikan lomba tahunan tersebut.

Bupati Pacitan Indartato saat memberikan sambutannya mengajak seluruh masyarakat bersyukur kepada Allah SWT atas hadiah kemerdekaan, sehingga bersama bisa melaksanakan lomba panjat pinang.

Dalam kesempatan itu, Indartato juga menyampaikan permohonan maaf dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tidak bisa hadir dalam kegiatan lomba panjat pinang tahun ini.

Ketua Panitia Agus Wibisono mengatkan dasar pelaksanaan kegiatan ini merupakan dari keputusan Bupati Pacitan tanggal 2 juli 2018.

“Karena lomba panjat pinang dianggap sebagai hiburang yang disenangi warga, dengan memperebutkan tropi dan piala bergilir Bapak SBY serta uang pembinaan, selain itu peserta lomba berasal dari 12 Kecamatan yang diwakili oleh Desa masing masing,”kata dia.

Dalam perlombaan khas bulan Kemerdekaan tersebut, Juara I diraih oleh tim Mandala bakti  dari Kecamatan Punung dengan. Kemudian Juara II diraih oleh Kecamatan Donorojo dengan nama tim Rojo Pucang. Sedangkan Juara Ill diraih oleh Kecamatan Pringkuku dengan nama tim Luweng Jaran.

Atas raihan tersebut, Juara I dari Punung mendapatkan tropi dan uang pembinaan Rp 21 juta, kemudian juara II Kecamatan Donorojo meraih tropi dan uang pembinaan Rp17 juta, juara III mendapatkan tropi dan uang Rp14 juta. Selain itu masing-masing pucang sebanyak 12 pinang mendapatkan uang pembinaan Rp2 juta dan barang senilai Rp1,5 juta.

Hadir dalam kegiatan panjat pinang tersebut Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo, Ketua TP PKK Pacitan Luky Indartato, Sekda Pacitan Suko Wiyono, Kasdim 0801/Pacitan Mayor Inf Tomy Fedi Anugrahan, Wakapolres Pacitan Kompol Hedrik, Kepala Kejaksaan Negeri Pacitan Adji Ariono.

Kemudian Kepala Pengadilan Negeri Pacitan Yogi Arsono, Kepala Kemenag Pacitan  Moh Nurul Huda dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Pewarta: Wahyu Sapto Hartono
Penyunting: Dwi Purnawan