Aji Bangkit Pamungkas, Pesilat Ponorogo ini Sumbang Emas ke-16 Bagi Indonesia

oleh
Aji Bangkit Pamungkas. (Foto: Liputan6.com)

Pacitanku.com, JAKARTA – Pencak Silat kembali menyumbang medali emas buat Indonesia di Asian Games 2018. Emas teranyar diraih pesilat Indonesia atas nama Aji Bangkit Pamungkas.

Bertanding di Padepokan Pencak Silat, TMII, Senin (27/8/2018), pesilat putra Indonesia di kelas 85 kg-90 asli Ponorogo ini meraih emas setelah sukses mengalahkan Sheik Ferdous Sheik Alauddin dari Singapura dengan perlawanan yang sangat ketat dengan skor 5-0.

Dengan raihan emas ini, pencak silat menyumbang empat emas bagi Indonesia di ajang Asian Games 2018.

Sejak babak pertama kedua pesilat saling menunggu hingga wasit memberi teguran kepada kedua pesilat dengan pengurangan satu poin.

Kedua pesilat berusaha menjaga jarak aman agar tidak terkena sasaran lawan. Di babak pertama usai tidak banyak poin yang diperoleh, namun poin masih dimenangi Aji, yakni -1-(-1),-1-(-1),1-(-1),1-(-1), dan -1-(-1).

Pada babak kedua, Aji mulai bermain lepas, beberapa kali Aji melakukan serangan dan berhasil mengenai sasaran ke tubuh Sheik Ferdous.

Pesilat asal Singapura itu juga tidak tinggal diam, dan berusaha memberikan serangan. Di babak kedua ini poin yang diperoleh keduanya bertambah dibandingkan di babak pertama, yakni 7-4,5-3,5-0,2-1, dan 7-2. Keunggulan bagi Aji di babak kedua.

Babak ketiga, kedua pesilat berusaha saling serang dengan kekuatan yang maksimal agar pukulan, tendangan yang dilancarkan mengenai sasaran.

Pada babak ketiga ini, Aji tampak terlihat lebih tenang. Pesilat Sheik Ferdous berusaha menjatuhkan Aji dengan cara menggunting dan menarik tangannya.

Aksi Sheik pun mendapatkan teguran dari wasit karena bantingan tidak dilakukan dengan cara yang benar dan tidak mendapatkan poin. Hingga akhir babak ketiga usai, poin yang diperoleh keduanya tidak terpaut jauh, yakni 8-5,9-7,11-9,8-8 dan 14-9.

Aji adalah pesilat yang berasal dari jalan Rumpuk Kertosari Babadan Ponorogo. Pria yang masih cukup muda ini rutin menekuni beladiri pencak silat PSHT, Aji mulai berlatih sejak kelas 1 SMP dan bertanding saat kelas 1 SMK di SMKN 1 Jenangan.

Prestasi yang diraih antara lain juara 3 Pra Sea Games 2017, juara 3 Belgium Open 2017, juara 1 3rd Asian Pencak Silat Championship in South Korea.

Sebelumnya Indonesia telah mendapat tiga emas Asian Games 2018 dari cabor Pencak Silat, yakni dari nomor seni tunggal putri, nomor seni beregu putra dan nomor seni ganda putra.

Nugraha, Asep Yuldan Sani, dan Anggi Faisal Mubarok mempersembahkan medali emas teranyar buat Indonesia saat turun dalam cabang Pencak Silat nomor seni beregu putra Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Senin (27/8/2018) WIB.

Pada hari ini Pencak Silat sudah mempersembahkan tiga medali emas buat Indonesia di Asian Games 2018 atas nama Aji Bangkit Pamungkas, Puspa Arumsari dan kemudian Yola Primadona Jampil/Hendy. Sehari sebelumnya, Minggu (26/8) kemarin, ada perunggu dari Amri Rusdana.

Dengan tambahan medali tersebut, Indonesia kini sudah meraih total 54 keping medali di Asian Games 2018. Rinciannya adalah 16 emas, 13 perak, 25 perunggu dan berada di posisi ke-4 dibawah China, Jepang, Korea Selatan.