Comeback Fantastis, Indonesia Taklukkan Hongkong 3-1

oleh -131.138 views
Lilipaly usai cetak gol kemenangan saat lawan Hongkong. (Foto: PSSI)

Pacitanku.com, BEKASI – Tim nasional Indonesia U-23 meraih hasil positif saat menghadapi Hong Kong di fase grup cabang olahraga sepakbola Asian Games 2018. Skuat asuhan Luis Milla menang dengan skor 3-1.

Bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Senin (20/8/2018) malam, kedua tim tampil berhati-hati di babak pertama.

Indonesia mencoba memulai laga dengan tempo cepat. Tapi Hong Kong bertahan dengan rapat dan gigih. Hong Kong juga memainkan bola dengan tempo rendah saat dalam penguasaan.

Sayap kiri Indonesia Febri Hariyadi melakukan tusukan di menit ke-10, tapi umpan silangnya masih bisa dihalau pertahanan Hong Kong.

Setelah sempat kesulitan menembus pertahanan Hong Kong, Indonesia mendapatkan celah di kanan memasuki setengah jam permainan. Hanya saja umpan silang Febri masih tepat ke kiper. Sementara percobaan Irfan Jaya bisa dipatahkan.

Hong Kong balas menekan di menit ke-36. Sepakan Tan Chun Lok masih meluncur deras ke atas mistar gawang.

Usaha Hong Kong membuahkan hasil dua menit berselang. Umpan lambung dari sisi kanan di dalam kotak penalti mengarah ke Lau Hok Ming di tiang jauh. Lau tak terkawal dan menanduk bola dari jarak dekat ke dalam gawang.

Indonesia meningkatkan intensitasnya. Sepakan Rezaldi Hehanussa pada menit ke-42 mengarah ke pojok kiri bawah gawang, tapi masih mudah diamankan kiper. Indonesia mencoba terus menekan, tapi sampai babak pertama berakhir tak ada gol tercipta. Indonesia tertinggal 0-1 dari Hong Kong.

Skuat asuhan Luis Milla merespons cepat di awal babak kedua. Di menit ke-47, Stefano Lilipaly mengirim umpan untuk Irfan Jaya dan mampu dimaksimalkan oleh sang pemain. Skor 1-1 untuk kedua tim.

Garuda Muda makin agresif, di menit ke-68, pemain pengganti Timnas U-23, Saddil Ramdani melakukan sepakan keras. Namun masih bisa ditepis oleh Ho Chun Yuen. Skor masih 1-1.

Timnas U-23 akhirnya berbalik unggul di menit ke-86. Stefano Lilipaly mencetak gol setelah melewati pemain Hong Kong. Tidak sampai di situ, di menit ke-93 mereka menambah gol melalui Hanif Sjahbandi, dia memanfaatkan umpan mendatar dari Stefano Lilipaly. Pemain naturalisasi ini sendiri menjadi bintang di laga ini dengan torehan dua assist dan satu gol.

Atas hasil ini, Indonesia lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup A dengan raihan sembilan poin dari empat laga yang dilakoninya. Sementara Hong Kong berada di posisi ke-3 dengan tujuh poin dari empat laga.

Susunan Pemain:

Indonesia U-23: Andritany Ardhiyasa (PG); I Putu Gede, Rezaldi Hehanussa, Ricky Fajrin, Hansamu Yama Pranata, Zulfiandi, Evan Dimas Darmono, Irfan Jaya (Saddil Ramdani 60’), Stefano Lilipaly, Febri Hariyadi (Septian David Maulana 80’), Alberto Goncalves (Hanif Sjahbandi 92’).

Hong Kong U-23: Ho Chun Yuen (PG); Wang Kit Tsui, Hok Ming Lau, Nunez Vasudeva Das Lilley, Chun Lok Tan, Ka Wai Lam, Chun Ming Wu, Hin Ting Lam, Hiu Chung Law (Dujardin 76’), Wai Keung Chung, Matthewelliot Wing Kai Orr.