Indartato Ingin Pacitan Tiru Jepang Jaga Kebersihan Pantai

oleh
Para pejabat Pemkab Pacitan bersih-bersih Pantai Pancer, Jumat kemarin.

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato menyebut para wisatawan menginginkan pantai yang ada di Pacitan terlihat bersih. Dia juga ingin meniru masyarakat Jepang dalam hal menjaga kebersihan pantai.

Hal tersebut diungkapkan Indartato di sela mengikuti kegiatan bersih-bersih di kawasan Pantai Pancer pada Jumat (10/8/2018). Agenda tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT ke-73 RI.

Dia mengungkapkan dengan kondisi pantai yang bersih, para pelancong akan datang. Tidak hanya wisatawan domestik, tetapi juga manca negara.

“Sebagai contoh tadi. Ada lima wisatawan asing. Mereka berterima kasih dengan gerakan semacam ini. Bahkan mereka juga memberi saran agar pantai selalu bersih,”kata dia, seperti dalam siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Lebih lanjut, Indartato menginginkan kawasan pantai selalu menjadi perhatian, utamanya terkait kebersihan. Hal itu dikarenakan kawasan tersebut menjadi salah satu tujuan wisata alam unggulan selain gua. Karena itu Bupati Indartato menginginkan agar lokasi yang terdekat dengan laut itu terlihat bersih. “Kami ingin laut ini juga bersih karena tempatnya wisata,”tandasnya.

Indartato menghimbau masyarakat Pacitan dan wisatawan untuk menjaga kebersihan lokasi wisata pantai. Salah satu caranya dengan membuang sampah ditempat-tempat yang disediakan. “Kita bisa tiru perilaku masyarakat Jepang yang sangat peduli dengan kebersihan lingkungan,” harap dia.

Kegiatan bersih-bersih pantai rutin digelar oleh Pemkab Pacitan yang melibatkan seluruh perangkat daerah juga instansi vertikal termasuk Polres dan Kodim.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Sekretaris Daerah Suko Wiyono, Kepala Disparpora Endang Surjasri, Kasdim 0801/pacitan  yang diwakili Kapten Caj Dwi Subandiyo,  Kasat Sabara Polres Pacitan AKP Samsul.

Hadir juga Kepala Bakesbangpol Suharyanto, ‎Kasatpol PP Widi Sumardji dan segenap pejabat Pemkab Pacitan. (RAPP002)