Pemkab Pacitan Gelar Seminar Kebangsaan Jelang HUT ke-73 RI

oleh -131.143 views
PUPUK NASIONALISME. Ratusan peserta seminar kebangsaan mendengarkan paparan Nara sumber pada Rabu (8/8/2018) di Pendopo Kabupaten. (Foto: Wahyu Sapto Hartono)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar seminar kebangsaan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 RI pada Rabu (8/8/2018) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Letkol Inf Didi Suryadi, narasumber seminar kebangsaan tersebut mengatakan  salah satu tantangan dan ancaman di Indonesia saat ini ada dua yaitu ancaman militer dan non militer.

“Namun yang lebih bahaya saat ini adalah ancaman nonmiliter dan sulit diidentifikasi,”kata dia.

Disisi lain, imbuhnya, Indonesia juga sedang menghadapi tantangan bangsa saat ini adalah wawasan kebangsaan luntur, eksplorasi alam tanpa terkendali, berkembangnya faham radikalisme.

Untuk itu, dia menyebut salah satu solusi mengatasi berbagai persoalan kebangsaan tersebut adalah kembali kepada UUD 1945 dan Pancasila sebagi dasar negara.

“Wawasan kebangsaan merupakan pancaran falsafah secara utuh menyeluruh menjiwai perumusan kebijakan penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,”kata pria yang menjabat sebagai Pabanda Bakti TNI Sterdam V Brawijaya ini.

Kepala Bakesbangpol Pacitan Suhariyanto menyebut seminar kebangsaan tersebut dan rangka membentuk karakter bangsa agar tidak melupakan kearifan bangsa memasuki era globalisasi.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan, namun saat ini sudah mulai pudar, sehingga dengan adanya seminar ini generasi kita memahami tentang nilai kebangsaan,”kata dia.

Pewarta: Wahyu Sapto Hartono
Penyunting: Dwi Purnawan