Guntar Suyanto Pimpin PSHT Pacitan, Ajak Jaga Kondusivitas Jelang Pemilu

oleh -133.242 views
JAGA KONDUSIFITAS. 100 anggota PSHT Pacitan mengikuti prosesi pelantikan pengurus PSHT dan siap jaga Kondusivitas Jelang Pemilu. (Foto: Wahyu SH)

Pacitanku.com, PACITAN – Guntar Suyanto akhirnya dilantik menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pacitan periode tahun 2018-2023.

Pelantikan pengurus DPC PSHT Pacitan tersebut digelar pada Minggu (5/8/2018) di Gedung Gasibu Swadaya, Jalan A Yani Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

Dalam kesempatan tersebut, Guntar juga membacakan pernyataan menjaga kestabilan kamtibmas menjelang Pemilihan Umum Presiden, Pemilihan Legislatif dan Pemilihan DPD RI yang diikuti oleh seluruh anggota PSHT.

Pengurus PSHT Cabang Pacitan masa bakti tahun 2018 – 2023 dipimpin Guntar Suyanto sebagai Ketua, Suyono sebagai Wakil Ketua, Arif Setyo Budi sebagai sekretaris dan Mohammad Ismail sebagai Bendahara.

Guntar dalam sambutannya mengatakan bahwa PSHT adalah suatu organisasi bela diri yang intinya melatih kekuatan jasmani dan rohani.

“PSHT tidak hanya mengandung seni beladiri, tetapi PSHT adalah sendi kehidupan sosial berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila,”kata pria yang juga Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Pacitan tersebut.

Sehingga, kata dia, sebagai warga PSHT dirinya mengajak seluruh keluarga besar PSHT menjaga keamanan dan mengedepankan kekeluargaan di masyarakat agar tidak terpecah-pecah.

Sementara, Sekretaris PSHT Pacitan Arif Setyo Budi dalam sambutannya menyebut warga PSHT yang hadir sekitar 1000 orang.

“PSHT Pacitan adalah merupakan perguruan pencak silat yang terbesar di Pacitan, yang mana sampai saat ini jumlahnya mencapai sekitar 20 ribu orang dan setiap tahunnya mengesahkan 1000 warga baru,”tandasnya.

Dia memastikan bahwa PSHT Pacitan siap bekerjasama dengan Polri dan Pemda dalam rangka menciptakan kondisi Kamtibmas yang aman demi mewujudkan Pacitan yang sejahtera.

Ketua 1 PSHT Madiun, Kang Mas Sigit Agus Hari Basuki saat memberikan sambutannya mengatakan bahwa PSHT bisa diterima oleh lebih 700 suku bangsa karena PSHT selalu mengutamakan kepentingan persaudaraan.

“PSHT konsisten sebagai pelestari budaya bangsa dengan mengembangkan bela diri pencak silat, kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan budaya bangsa dan kami minta dukungan semua pihak agar mengembangkan seni beladiri warisan nenek moyang,”jelasnya.

Endang Surjasri Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan saat membacakan sambutan Bupati Pacitan berharap PSHT Pacitan selalu membangun kerja sama dan kemitraan strategis dengan Pemerintah Kabupaten Pacitan, terutama dalam upaya pembinaan dan pengembangan generasi muda di Kabupaten Pacitan.

“Kami menyadari sepenuhnya bahwa keberhasilan roda Pemerintahan, Pembangunan dan kegiatan sosial kemasyarakatan, tidak hanya tergantung pada pemerintah namun kepada seluruh komponen masyarakat, termasuk keluarga besar PSHT yang selama ini kita kenal sangat bagus dalam pembinaan kepemudaan di bidang olah raga bela diri,”katanya.

Pewarta: Wahyu Sapto Hartono
Penyunting: Dwi Purnawan