Pemkab Pacitan Promosikan Geopark Gunung Sewu dalam “Geopark Night Specta”

oleh -131.671 views
SEMARAK. Biduan asal Pacitan Nopar Pradipta menghibur masyarakat dalam Geopark Night Specta 2018. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, DONOROJO – Pemerintah Kabupaten Pacitan menggelar festival budaya bertajuk “Geopark Night Specta” yang digelar Sabtu (4/8/2018) malam di kawasan obyek wisata Pantai Klayar, Desa Sendang Kecamatan Donorojo.

Baca juga: Semarak Festival Budaya Gebyar Klayar 2018

Geopark Night Specta” tersebut diawali dengan kegiatan promosi produk lokal pada siang hari, dilanjutkan dengan hiburan budaya dan musik pada Sabtu malam.

Selain penampilan tari Surup dan tari Sekar Klayar yang sangat menghibur, agenda budaya tersebut juga dihibur penampilan Nopar Pradipta, biduan asal Pacitan yang kini merintis karir menjadi penyanyi dangdut papan atas nasional.

Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo saat membacakan sambutan Bupati Pacitan menyebut “Geopark Night Specta” ini sebavai media promosi dan pengenalan kepada masyarakat.

Pada khususnya, promosi budaya tersebut menyangkut budaya geopark Gunung Sewu di tiga kabupaten. Yakni Kabupaten Wonogiri di Jawa Tengah, Kabupaten Gunung Kidul di DI Yogyakarta dan Pacitan di Jawa Timur.

“Tujuannya mengenalkan budaya geopark kepada masyarakat. Dimana budaya geopark terdiri dari unsur geologi dan arkeologi,” ujarnya dalam siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Mantan Legislator Partai Demokrat ini menyebut daerah-daerah yang berada di kawasan itu memiliki peran sendiri-sendiri dalam upaya pengembangan dan pelestarian kawasan taman bumi.

Sebagai contoh, kata dia, jika Kabupaten Gunung Kidul sebagai pintu gerbang, maka Wonogiri menjadi lokasi museum. Sementara Kabupaten Pacitan adalah etalasenya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Daryono menjelaskan jika agenda tersebut merupakan program tahunan hasil kesepakatan dari tiga kabupaten.

“Tujuannya memperkenakan pariwisata di tiga wilayah dan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,”katanya.