Cuaca Membaik, Nelayan di Pacitan Sudah Mulai Berlayar Mencari Ikan

oleh -900 views
Kapal nelayan dan jala penangkap ikan mangkrak di Pantai Tamperan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Kapal nelayan dan jala penangkap ikan mangkrak di Pantai Tamperan. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala UPT Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Pasongsongan (P2SKP) Tamperan  Pacitan, Ninik Setyorini pada Jumat 3 Agustus 2018 menyebut cuaca di perairan laut selatan Pacitan yang mulai membaik sehingga nelayan setempat mulai berlayar mencari ikan.

Salah satu indikatornya, kata dia adalah hasil tangkapan ikan Tuna di Pelabuhan Tamperan Kabupaten Pacitan cukup melimpah.

“Sejak fenomena Siklon Tropis pada bulan Februari-Maret berakhir, dan cuaca di perairan laut sekitar Pacitan yang sudah membaik menyebabkan hasil tangkapan ikan Tuna meningkat,”katanya, seperti dikutip Pacitanku.com dari laman Komnfo Jatim pada Sabtu (4/8/2018).

Dia mengungkapkan bahwa fenomena siklon Tropis mempunyai dampak gelombang tinggi, hujan deras dan angin kencang, sehingga dapat berpotensi untuk menenggalamkan kapal. Siklon tropis dapat memutar air dan menimbulkan angin kencang dan gelombang laut yang tinggi.

Ninik mengatakan bahwa adanya peningkatan hasil tangkapan ikan tuna antara lain juga disebabkan telah kembali beroperasinya kapal Purse Seine sebanyak 44 unit dan kapal sekoci sebanyak 46 unit.

“Sebelumnya nelayan melaut tidak berani untuk melaut atau tidak bisa beroperasi nangkap ikan akibat cuaca buruk dan angin kencang,”tandasnya.

Dia mengatakan bahwa jenis Ikan Tuna yang menjadi hasil tangkapan nelayan di antaranya Yellowfin Tuna, Bigeye Tuna, Baby Tuna  atau Cakalang dan Tongkol.