Dengan Politik Tanpa Mahar, Nasdem Pacitan Optimistis Raih 8 Kursi DPRD

oleh
Partai Nasdem dan tiga Parpol lain menerima tanda kelengkapan berkas. (Foto: KPUD Pacitan).

Pacitanku.com, PACITAN – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Pacitan optimistis mampu meraih 8 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan pada Pemilihan umum legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Sekretaris DPD Partai Nasdem Eko Hadi Susilo saat dihubungi Pacitanku.com pada Selasa (17/7/2018) menuturkan bahwa partainya sudah mendaftarkan seluruh Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) ke KPU Pacitan pada Senin (16/7/2018) sekitar pukul 15.30 WIB. Dia optimistis mampu meraih 8 kursi DPRD.

“Berkas pendaftaran lengkap dan sudah menerima tanda terima dari KPU, kita mengajukan 45 caleg, terdiri dari caleg perempuan 19 atau 42 persen, dan caleg lagi-laki sebanyak 26, sesuai dengan jumlah kursi DPRD Pacitan, dengan target maksimal 8 kursi minimal 6 kursi  atau satu Dapil satu kursi,”katanya.

Target tersebut naik cukup drastis jika dibandingkan dengan perolehan pada Pileg 2014 lalu, dimana Nasdem berhasil mendudukkan tiga wakilnya di kursi DPRD Kabupaten Pacitan, yakni  Handono dari Dapil 3 Nawangan, Bandar, Bambang Setyabudi dari Dapil 4 Arjosari, Tegalombo dan Nining Diah Purwanita dari Dapil 6 Ngadirojo Sudimoro.

Eko menyebut ada beberapa faktor partainya optimistis meraih target tersebut saat Pileg 2019 nanti. Salah satunya adalah politik tanpa mahar Nasdem.

“Politik tanpa mahar NasDem sebagai landasan dalam upaya rekrutmen bacaleg, kemudian adanya amunisi tambahan memperkuat daya serang dari kader partai lain yang masuk menjadi caleg Partai Nasdem,”jelasnya.

Strategi lain yang akan dilakukan partai Nasdem, kata Eko, adalah pemanasan Bacaleg partainya dengan menyapa warga Dapil, juga bantuan logistik dari Partai Nasdem pusat, kerja sama dengan Caleg Provinsi dan berbagai cara lainnya, seperti faktor Ipong Muchlissoni, Bupati Ponorogo yang kini menjabat sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW Nasdem Jawa Timur.

“Sebelum pendaftaran kemarin, kita sholat hajat, khataman Alquran, doa bersama dan pembacaan sholawat nariyah dalam upaya usaha batiniyah dan religi untuk menghadapi 2019,”pungkasnya.

Pewarta: Dwi Purnawan