Ada Kemiripan City Branding Pacitan dengan Wonosobo, ini Tanggapan Pemkab

oleh
Ada kemiripan city branding Pacitan dan Wonosobo.

Pacitanku.com, PACITAN – Identitas kota atau dikenal dengan city branding Kabupaten Pacitan “the paradise of java” mirip dengan identitas kota yang akan diluncurkan oleh Kabupaten Wonosobo dengan kata-kata yang senada.

Untuk diketahui, Pacitan dan Wonosobo memiliki kesamaan dimana sektor pariwisata menjadi salah satu andalan untuk mendulang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jika di Wonosobo dikenal dengan wisata alam pegunungan, utamanya Dieng, sementara di Pacitan lebih banyak pantai dan goa.

Polemik soal kemiripan city branding Pacitan dan Wonosobo ini mencuat saat akun Instagram @Wonosobozone mengunggah logo berikut tagline “Wonosobo the paradise of Java” beberapa waktu lalu.

Baca juga: [Video] Pacitan is The Paradise of Java

“Bagi kalian yang pernah ke Wonosobo, sebuah kota super dingin di tengah pulau Jawa, pasti sempat melihat atau membaca slogan ASRI, alias Aman Sehat Rapi Indah. Nah, sejak Desember 2017, logo dan tagline wonosobo akhirnya mulai dirancang ulang alias di rebranding, kini, setelah proses selama 8 bulan lebih, logo dan tagline “Wonosobo The Paradise of Java” siap diluncurkan saat #HariJadiWonosobo193 tanggal 24 Juli 2018 nanti, demikian caption dalam unggahan tersebut.

Sontak, adanya kemiripan branding “the paradise of java” tersebut mengundang protes dari warganet Pacitan.

Akun Instagram @pacitanwonderful menyebut tagline tersebut sudah menjadi milik Pacitan sejak beberapa tahun yang lalu. “Maaf paradise of java sudah menjadi jargon kabupaten pacitan kurang lebih sejak 6 tahun yang lalu,”katanya.

Sementara, akun @diajeng.adna juga memprotes hal yang sama, dimana paradise of java sudah menjadi jargon Kabupaten Pacitan kurang lebih 6 tahun yang lalu. “Mohon pencerahan,”tulisnya.

Selain itu, akun @pondasi_sartono_hutomo meminta Wonosobo mengoreksi jargon tersebut. “Mohon dikoreksi jargon nya. Sebelum launching dan setidaknya semua harus ada pembahasan dengan pemkab. Karena itu menyangkut daerah,”ujarnya.

Tanggapan Pemkab Pacitan

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan Endang Surjasri saat dihubungi Pacitanku.com pada Sabtu (14/7/2018) di Pacitan mengatakan pihaknya sudah melakukan konfirmasi dengan Dinas Pariwisata Pemkab Wonosobo.

Dia mengatakan bahwa Kabupaten Pacitan sudah meluncurkan city branding tersebut sudah sejak tahun 2013 lalu. “Bahkan ada jinglenya juga, pada saat launching juga disaksikan oleh Kemenpar,”katanya.

Jingle tersebut adalah lagu yang dinyanyikan oleh Wiwik HS tersebut berjudul “Pacitan the Paradise of Java” dengan durasi 4.19 menit.

Endang menuturkan pihaknya meminta Pemkab Wonosobo untuk melakukan review kembali agar tidak ada kesamaan branding dengan pariwisata Pacitan.“Kami mohon agar Wonosobo direview kembali agar tidak sama brandingnya dengan pariwisata Pacitan,”tandasnya.

Lebih lanjut, mantan Camat Tegalombo ini mengatakan bahwa Wonosobo akan melakukan review ulang terkait rencana peluncuran city branding yang ada kemiripan tersebut.

“Pihak Wonosobo akan mereview kembali dan kita berharap Wonosobo maklum, mengingat branding Pacitan sudah sampai mana-mana,”pungkasnya.

Pacitanku.com masih berusaha menghubungi Pemkab Wonosobo untuk melakukan konfirmasi terkait kejadian kemiripan city branding Pacitan dan Wonosobo.

Pewarta: Dwi Purnawan