Bupati Apresiasi AP3 Hidupkan Pariwisata Pacitan

oleh -871 views
Indartato saat menyampaikan sambutan dalam Halal Bihalal AP3 pada Senin (2/7/2018).

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato mengapresiasi Asosiasi Pegiat dan Pelaku Pariwisata (AP3) Kabupaten Pacitan terus menghidupkan dan mempromosikan wisata di Pacitan.

Hal tersebut disampaikan Indartato saat Halal Bihalal Bupati Pacitan dengan anggota Forum AP3 pada Senin (2/7/2018) di Halking Pendopo Kabupaten Pacitan.

“Saya mengapresiasi kegiatan AP3 untuk menghidupkan pariwisata Pacitan,”katanya saat menyampaikan sambutannya.

Dia mengatakan bahwa pariwisata di Pacitan bisa memberikan kehidupan bagi masyarakat. Untuk itu dia menyambut baik upaya dari AP3 untuk terus menghidupkan pariwisata di Pacitan.”Karena dengan pariwisata ini bisa memberikan kehidupan bagi masyarakat Pacitan,”ujarnya.

Lebih lanjut, Indartato mengajak seluruh insan pariwisata di Pacitan untuk mengembangkan Pacitan bersama, karena Pacitan masih ‘kuncup’ dari pada kota lainnya yang sudah berkembang. “Mari berfikir sistem, dimana semuanya terlibat dan kuncinya harus mengakui perbedaan. Karena perbedaan adalah suatu sistem,”kata Indartato.

Sementara, Forum insan silaturahmi Pariwisata Indonesia Sarbini menyebut Pacitan memiliki sungai Grindulu yang mempunyai potensi wisata baru.

”Ini masukan saja, Pemerintah Daerah bisa membuat Peraturan Daerah tentang mendirikan rumah atau bangunan apapun menghadap sungai atau pantai, agar dapat berkomunikasi dengan alam,”ujarnya.

Sementara, Ketua AP3 Ronny Widya Kurniawan mengatakan bahwa AP3 adalah wadah bagi seluruh pelaku dan penggiat wisata di Pacitan.

“Kami kenalkan kepada Bapak Bupati bahwa anggota AP3 adalah semua pelaku wisata di Pacitan, mulai dari pengelola DTW, pemilik biro dan travel, pemilik rumah makan dan pemilik hotel,”katanya.

Dia menyebut bahwa agenda halal bihalal yang diikuti 85 pegiat dan pelaku wisata tersebut adalah momen untuk bersilaturahmi dan saling kenal antar pelaku wisata.

Sejumlah pelaku wisata, diantaranya pemilik hotel, restauran, biro dan travel, pengelola obyek wisata dan pegiat pariwisata turut hadir dalam halal bihalal tersebut. Selain Halal Bihalal, agenda tersebut juga diisi dengan pentas seni dari komunitas musik Dita Pacitan.

Untuk diketahui, sejumlah program sendiri telah dilakukan oleh AP3 untuk membantu pengelolaan wisata di Pacitan, salah satunya adalah pemberian papan harga di kawasan obyek wisata Pantai Klayar di Desa Sendang Kecamatan Donorojo Pacitan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Kepala Kantor Kemenag Pacitan, Ketua Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahragam Ketua Insan Pariwisata Ponorogo (AIPO) dan komunitas Pramuwisata (guide) Pacitan.(RAPP002)