Gelar Panen Raya di Pacitan, Dandim Tegaskan Pentingnya Sektor Pertanian

oleh -131.722 views
Panen raya dalam rangka lomba pertanian Kodim 0801/Pacitan bekerja sama dengan Dinas Pertanian Pacitan pada Kamis (28/6/2018) di Pacitan. (Foto: Wahyu Sapto Hartono)

Pacitanku.com, PACITAN – Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang menyebut sektor pertanian sangat penting dalam upaya mewujudkan usaha menuju misi ketahanan pangan nasional.

Hal itu disampaikan di sela panen raya dalam rangka lomba pertanian Kodim 0801/Pacitan bekerja sama dengan Dinas Pertanian Pacitan pada Kamis (28/6/2018) di lahan komplek Makodim Pacitan.

Baca juga: Lomba Tanam Padi, Cara Unik Gelorakan Semangat Pemuda Cinta Pertanian

“Dengan adanya lomba ini merupakan ajang promosi gelar karya lomba yang lain bagi pemuda pemudi di Pacitan, Pemuda harus mau bertani karena profesi petani tidak kalah dengan profesi direktur dibelakang meja kantor,”katanya.

Dia mengatakan bahwa adanya lomba ini memicu berkembangnya tehnologi modernisasi pertanian. “Rencana pada tanggal 14 Juli ada launching lomba yang kedua,”ujarnya lagi.

Sementara, Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian Pacitan Gunawan Hadi menyebut kegiatan ini sangat mendukung.

“Sumbangsih Dandim sangat besar dengan adanya lomba pertanian ini dengan konsep penilaian berjenjang, sangat bangga kepada para pemuda pemudi yang telah bersemangat untuk mengikuti kegiatan pertanian yang diadakan oleh Kodim 0801/Pacitan di lahan pertanian milik Kodim ini,”katanya.

Untuk diketahui, Kodim 0801/Pacitan bekerja sama dengan Dinas Pertanian Pacitan menggelar lomba tanam padi khusus untuk pemuda Pacitan berusia 17 tahun hingga maksimal 30 tahun.

Baca juga: Keren, 120 Pemuda Pacitan Ikuti Lomba Tanam Padi

Setelah dilakukan pendaftaran, lomba ini diikuti oleh 120 pemuda tani yang berasal dari seluruh kecamatan di Pacitan.

Lomba ini membutuhkan waktu empat bulan, sejak Maret sampai dengan bulan Juni 2018, yang dimulai dengan presentasi pertanian sampai dengan hasil panen. Selain itu, untuk lahan yang digunakan adalah lahan di area Kodim 0801/Pacitan.

Hadir dalam panen raya tersebut Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav. Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Endang Sujasri, Kadispen Pacitan yang diwakili Kabid Pertanian Gunawan Hadi.

Hadir juga Kepala Kantor Cabang BRI Pacitan Susilo, Kepala Kantor Cabang BNI Pacitan I Putu Gede Restu dan sejumlah juri dari Dinas Pertanian Pacitan.

Pewarta: Wahyu Sapto Hartono
Penyunting: Dwi Purnawan