Pemkab Pacitan Targetkan 200 Ribu Wisatawan Saat Libur Lebaran

oleh -132.116 views
Pantai Pidakan dilihat dari pesawat Drone. (Foto : Youtube)
Tempat wisata Pacitan, Pantai Pidakan.

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur menargetkan kunjungan 200.000 wisatawan ke sejumlah objek wisata di wilayahnya saat musim libur Lebaran 2018.

Baca juga: Ini Dia 2 Jembatan Cantik di Pacitan di Jalur Mudik Pansela

“Untuk libur Lebaran, target kami kira-kira 200.000 wisatawan akan mengunjungi objek wisata di Pacitan, minimal sama dengan tahun lalu,”kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan Endang Surjasri saat dihubungi Pacitanku.com melalui sambungan telepon pada Kamis (7/6/2018) di Pacitan.

Namun demikian, Endang mengakui bahwa upaya tersebut cukup berat mengingat situasi kunjungan wisata di Pacitan saat ini belum pulih. “(Kunjungan) minimal sama dengan tahun yang lalu, walaupun itu juga terlalu berat bagi kami, karena situasi kunjungan wisata ini belum pulih betul,”ujarnya lagi.

Dia menambahkan, untuk mencapai target 200.000 wisatawan tersebut, pemerintah kabupaten dan pihak pengelola objek wisata telah melakukan berbagai upaya dan persiapan.

“Pembenahan fisik bidang pariwisata ini masuk dalam rencana pembangunan Pacitan, dan persiapan tersebut salah satunya membangun sarana pariwisata, misalnya di Pantai Klayar, pada tahun ini bus sudah bisa memasuki langsung ke Pantai Klayar,”jelasnya.

Selain itu, untuk wisata andalan Pemkab lainnya, yakni Goa Gong, Endang menyebutkan bahwa kawasan tersebut juga terus dilakukan pembeahan. Walaupun dia mengakui untuk penambahan area parkir belum bisa dilaksanakan awal tahun. Dia berharap penambahan area parkir di obyek wisata di Desa Bomo, kecamatan Punung tersebut bisa dilaksanakan akhir tahun 2018.

Baca juga: Ini Daftar Pantai di Pacitan yang Direkomendasikan untuk Dikunjungi Tahun 2018

Disisi lain, kata Mantan Camat Tegalombo ini, pihaknya juga terus melakukan pembinaan langsung Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata di Pacitan, baik di obyek wisata yang dikelola Pemkab ditambah Desa Wisata yang berdekatan dengan destinasi wisata yang dikelola Pemkab.

Tidak hanya sembilan kawasan wisata yang dikelola Pemkab, Endang menyebut bahwa pembinaan juga dilakukan di obyek wisata yang dikelola warga, seperti Pantai Banyu Tibo, Pantai Pidakan dan Pantai Soge.

“Untuk pembinaan seluruh pedagang, pelaku usaha pariwisata, teman-teman petugas, dan teman teman Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) langsung kita datangi, untuk diberikan pembekalan, apa yang harus kita persiapkan untuk menyambut wisatawan di libur Lebaran,”kata Endang.

Kedepan, kata dia, pihaknya berjanji akan terus bersinergi dengan pengelola wisata yang ada di kabupaten Pacitan. Menurut Endang, sinergi antara Pemkab dan pengelola kawasan wisata menjadi peluang besar bagi masyarakat Pacitan, untuk ikut masuk ikut berkontribusi terhadap pengembangan pariwisata Pacitan.

“Selain untuk bisa meningkatkan pariwisata Pacitan, juga yang terpenting adalah bisa meningkatkan pendapatan mereka,”pungkasnya.

Pewarta/Penyunting: Dwi Purnawan