Ini Daftar Pantai di Pacitan yang Direkomendasikan untuk Dikunjungi Tahun 2018

oleh
Ani Yudhoyono di Pantai Soge Pacitan. (Foto: IG Ani Yudhoyono)

Pacitanku.com, PACITAN – Tahun 2018 sudah membersamai kita. Tahun ini tentu banyak tempat yang ingin kamu kunjungi, utamanya di Pacitan. Perlu diketahui, Pacitan memiliki banyak tempat yang indah, salah satunya adalah pantai yang membentang dari kawasan barat hingga ke timur. Nah, berikut adalah pantai-pantai yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Pacitan pada tahun 2018 ini. Selamat berkunjung.

Pantai Klayar

Klayar via Pambudi Yoga Perdana

Obyek wisata pantai yang satu ini menjadi obyek wisata unggulan dan sekaligus Ikon dari Kabupaten Pacitan. Namanya Pantai Klayar. Pantai Klayar berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar ini berada sekitar 35 sampai 40 km ke arah barat Kota Pacitan, dan dapat di capai sekitar 90 menit dari kota Pacitan.

Pantai Klayar menjadi pantai yang paling ‘dimanja’ oleh Pemda, diantara pantai yang lain. Jalan menuju kesana diperbaiki, pertama kalinya tentu saat rombongan Presiden ke-6 RI kala itu, Susilo Bambang Yudhoyono dan sanak famili mengunjungi pantai ini.

Tak tanggung-tanggung, ruas jalan diperlebar, diperhalus. Tebing-tebing yang masih curam dikepras demi membuat pengunjung merasa nyaman saat menikmati deburan ombak di pantai yang disebut dengan ‘sphinx van Java’ ini. Bukan hanya infrastuktur, ‘penampakan’ dan wajah Pantai Klayar pun dipercantik.

Pantai Srau

Foto via @faisal_w_irawan

Selain Pantai Klayar, obyek wisata di Pacitan dengan corak yang serupa adalah pantai Srau. Corak yang sama antara kedua pantai ini adalah dari ciri khas pasir putih yang sangat mencolok, juga banyaknya karang yang terlihat sangat indah di kedua pantai ini. Pantai Srau ini terletak di Desa Candi Kecamatan Pringkuku. Jaraknya sekitar 25 Km ke arah Barat dari pusat kota Pacitan.

Yang membedakan Klayar dengan Pantai Srau adalah wilayahnya, Klayar memiliki area yang sempit, sedangkan Pantai Srau memiliki area yang sangat luas, dan bahkan tak terbatas. Sehingga dengan area yang sedemikian luas, banyak digunakan untuk area parker mobil dengan tanpa khawatir tidak kebagian tempat. Area parker ini masih dilengkapi dengan pemandangan alami berupa kebun kelapa yang memberikan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung.

Pantai Srau sendiri terbagi menjadi 3 bagian pantai yang dikeliling bukit karang. Bagian pertama, adalah pantai yang letaknya tidak jauh dari pos tiket. Ombaknya besar dan warna laut masih biru laut serta pasir putih yang bersih. Di tengah laut menonjol beberapa bukit karang yang terlihat hidup ketika diterpa ombak yang besar.

Pantai Kasap

Foto via @rafikin_kenci

Pantai Kasap ini memang obyek wisata Pantai yang masih sangat alami. Pantai Kasap berada di dekat tiga pantai lainnya di kecamatan ini, yakni pantai Watukarung. Terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, pantai yang berada di sebelah persis pantai Sruni ini memiliki karakteristik khas di pantai Selatan. Yakni karang, kemudian pasir putih, ombak yang deras. Pantai Kasap ini juga berpasir putih, walau garis pantainya sendiri cukup sempit berbentuk teluk berpasir melengkung dan di apit tebing sisi kiri dan kananya.

Di saat air surut, Anda bisa menikmati pemandangan dan angin khas laut selatan di pantai Kasap ini dengan santai. Jika ingin sensasi lebih, kamu bisa naik keatas bukit di rerumputan untuk mengabadikan momen asyik di pantai yang seakan menjadi pantai milikmu sendiri dengan kamera.

Pantai Pidakan

Hasil jepretan Ani Yudhoyono di Pantai Pidakan Pacitan. (Foto: IG Ani Yudhoyono)

Anda akan dimanjakan dengan bebatuan kerikil putih yang bisa digunakan untuk duduk sembari menikmati pantai. Di Pantai ini terdapat banyak batuan -batuan alam yang kesemuanya dalam berbagai variasi bentuk maupun ukuran. Namun jangan dibawa pulang ya batu-batunya tersebut. Cukup dinikmati saja.

Selain bebatuan, panorama pantai ini semakin lengkap dengan adanya pohon – pohon kelapa banyak tumbuh di pantai pidakan dengan lokasi yang rata dan cukup lapang.

Anda juga dapat melihat bintang laut dan biota laut lainnya seperti bulu babi, landak laut, hingga kepiting bakau, dan juga banyak cangkang-cangkang kerang/molusca lain disini. Pemandangan saat matahari tenggelam memang sangat indah apabila dilihat dari lokasi ini.

Pengelola setempat, yakni Pokdarwis Pantai Pidakan yang bekerja sama dengan Posdaya Dadirejo juga berupaya terus mempercantik panorama pantai dengan berbagai kelengkapan sarana dan prasarananya. Beberapa tambahan sarana tersebut diantaranya gardu, tugu bertuliskan Pantai Pidakan, balai-balai, hingga kawasan parkir yang bersih, nyaman dan rapi tertata.

Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pantai, pengelola menyediakan banyak tempat sampah agar para pengunjung juga turut merawat kebersihan pantai ini. Walaupun sebenarnya pengelola secara rutin mengagendakan bersih-bersih pantai.

Jika ingin menuju ke Pantai ini, bisa ditempuh dari pusat kota Pacitan sejauh sekitar 30 kilometer, atau 15 kilometer dari pusat Kecamatan Tulakan.

Pantai Banyu Tibo

Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono saat mengunjungi Pantai Banyu Tibo.

Salah satu pantai di Pacitan yang layak menjadi referensi wisata anda adalah Pantai Banyu Tibo Pacitan. Yang unik, pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini adalah Air Terjun yang berada di pinggir pantai dimana kucuran airnya langsung terjun ke pantai Selatan.

Nama Banyu Tibo adalah nama yang diberikan oleh masyarakat sekitar dimana air terjun tersebut berada.  Arti Banyu Tibo menurut bahasa jawa adalah air yang jatuh.  Yang membuat Banyu Tibo menjadi sangat menarik, yaitu air terjun ini terletak tepat berada di tepi bibir pantai.

Air terjun di pantai Banyu Tibo tidak terlalu tinggi. Pengunjung dapat bermain di atas air terjun karena sudah disediakan tangga untuk ke atas. Dari atas, pengunjung dapat bermain air yang mengalir sambil melihat pemandangan keindahan laut lepas yang sangat indah sekali. Jika sudah puas, dapat dilanjutkan dengan bermain pasir pantai Banyu Tibo.

Untuk menuju ke kawasan pantai Banyu Tibo, akses jalan menuju Pantai tersebut lumayan bagus , Area Pantai Banyu Tibo ini cukup menarik dan terkesan indah. Area Pasir putih yang menawan di hiasi akan bebatuan indah mirip dengan sebuah ukiran di kayu. Di pesisir pantai dihiasi lempengan bebatuan menambah indahnya pantai – pantai di Pacitan.

Pantai Buyutan

Keindahan Pantai Buyutan di Pacitan. (Foto: IG @misrantobaru)

Salah satu pantai yang sangat elok dan menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Pacitan adalah Pantai Buyutan. Pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini memiliki kekhasan tersendiri, yakni watu narada.

Watu narada menjadi daya tarik utama Pantai Buyutan, yang bentuknya adalah batuan karang mirip tokoh pewayangan Batara Narada (baca: Narodo). Berdasarkan sejarahnya, pantai Buyutan terbentuk karena pengangkatan aktif di sepanjang pantai yang menghasilkan morfologi undak pantai setinggi puluhan meter.

Pantai Taman

Apakah Anda terbayang, terbang di ketinggian 74 meter dan meluncur dengan jarak tempuh 415 meter dengan kecepatan 50 km/jam? Jika belum terbayang, mungkin wahana flying fox di Pantai Taman, Desa Hadiwarno, Kecamata Ngadirojo ini bisa menjadi arena uji nyali bagi Anda.

Saat ini, wahana flying fox Pantai Taman Hadiwarno menjadi salah satu wahana paling digemari para wisatawan yang berkunjung ke Pacitan. Selain ingin menikmati keindahan pantainya, wahana flying fox Pantai Taman ini bisa menjadi tujuan utama Anda.

Selain flying fox, Pantai Taman sendiri menghadirkan suasana berbeda. Karena di Pantai yang letaknya di Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan ini juga ada beberapa obyek wisata pilihan lain, seperti menikmati panorama pantai, melihat konservasi penyu dan fasilitas renang di kolam renang pinggir Pantai.

Pantai Soge

soge via @lukieukie

Saat Anda melakukan perjalanan darat melewati jalur lintas selatan (JLS) Kabupaten Pacitan, Anda seketika terhenti saat mata Anda tertuju pada sekerumunan wisatawan bermain air tawar di muara Pantai Soge, salah satu destinasi wisata paling indah di Pacitan.

Pantai yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo ini hanya berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat kota. Namun, jika ingin sekaligus menikmati setiap destinasi pantai berikut aneka panorama keindahan lainnya, kebutuhan waktu bergantung pada setiap pelancong untuk mengatur ritme perjalanan masing-masing.

Indah, itu adalah kata pertama yang paling pas untuk menggambarkan betapa indahnya eksotika lanskap pantai yang terbentang di kawasan Samudra Hindia itu yang berjarak 276 kilometer barat daya Kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur. Puluhan wisatawan lokal dari sejumlah daerah, mulai anak-anak hingga orang dewasa, begitu asyik bermain air di muara Sungai Soge yang jernih dengan pasir putihnya.

Sementara, alur muara sungai berkelok mengitari pasir putih yang membentang di tengah hingga jarak radius 150 meter sehingga memberi ruang cukup luas bagi wisatawan untuk bermain apa saja dan menikmati keindahan wahana alami pantai. Sementara debur ombak terus bergulung dan memecah di tepian Pantai Soge, sekelompok wisatawan remaja lain asyik bermain sepak bola plastik atau sejenis futsal hingga puas.

Pantai Ngiroboyo

Wisatawan menikmati panorama kawasan wisata Pesona Ngiroboyo.

Salah satu pantai yang harus menjadi list daftar kunjungan anda saat ke Pacitan, terutama bulan November adalah Pantai Ngiroboyo. Pantai yang terletak di Dusun Sambi, Sendang, Donorojo ini menawarkan sejuta pesona keindahan khas Pantai selatan. Selain batu karang yang Nampak terlihat perkasa, ombak besar pantai selatan juga menjadi salah satu yang membuat pantai ini menarik untuk di kunjungi.

Selain itu, pesona keindahan yang tak boleh anda lewatkan lainnya adalah adanya muara sungai Maron yang berujung di Pantai Ngiroboyo ini. Sungai Maron dikenal warga sebagai tempat penyelenggaraan event tahunan festival dayung ngiroboyo. Di tempat inilah ratusan pedayung hebat saling beradu keahlian untuk menjadi juara festival dayung Ngiroboyo.

Setidaknya ada enam fasilitas wisata yang bisa Anda dapatkan di kawasan wisata Peson Ngiroboyo, yakni panorama Pantai, menyusuri sungai dengan perahu besar, menikmati perahu kecil, bermain river tubing, berkemah dan bagi pecinta surfing, ombak besar Pantai Ngiroboyo bisa digunakan untuk berselancar untuk Anda yang hobi berselancar.

Nah, itu dia, pantai-pantai yang direkomendasikan untuk dikunjungi di tahun 2018. Selain itu masih ada juga pantai-pantai lain di Pacitan yang tak kalah seru untuk dijadikan travelling. Selamat datang 2018, selamat menikmati keindahan Pacitan.