Ini Hasil Lengkap Liga Seri 3 Paralayang di Sentono Gentong Pacitan

oleh -132.107 views
Liga seri 3 paralayang yang digelar di Sentono Gentong. (Foto: Dok Humas Pacitan)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Liga seri 3 Paralayang yang digelar sejak Jumat (11/5/2018) hingga Minggu (13/5/2018) di Sentono Gentong, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku telah usai. Perlombaan ini diikuti oleh 104 pilot yang berasal dari kota-kota di Jatim, Jateng, maupun Jabar, termasuk tiga pilot wakil Pacitan.

Ketua FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) Jawa Timur Arif Eko Wahyudi menyebut Pacitan merupakan lokasi yang paling lengkap untuk menggelar olahraga udara (aero sport), seperti mulai paralayang, gantole dan terbang layang.

Baca juga: Serunya Liga Seri 3 Paralayang, dari Sentono Gentong Hingga Pantai Teleng Ria

Di Sentono Gentong, dia menyebut bahwa kawasan itu menjadi incaran FASI sebagai titik luncur olah raga udara ini karena angin sangat bagus, lebih laminer dan konstan karena Pacitan langsung bertemu dengan laut.” Kita pun sebenarnya sudah mengincar tempat ini sejak tahun 2008,”kata Eko.

Kejuaraan Paralayang Liga Jatim terdiri dari enam seri dienam lokasi berbeda. Ke-6 lokasi itu, yakni kabupaten Tulungagung dan Pantai Sidoluhur pada 9-11 Februari lalu, Kabupaten Malang 14-16 April, Kabupaten Pacitan pada 11-13 Mei, Kabupaten Tuban (27-29 Juli), Kabupaten Ponorogo (10-12 Agustus) dan Pantai Modangan pada 16-18 November.

Sementara, pada pertengahan tahun ini pula pantai Buyutan akan digunakan untuk pemusatan latihan sebelum mengikuti Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC).

Dalam liga seri 3 paralayang tersebut, sejumlah pilot berhasil meraih yang terbaik, dan yang terbanyak adalah pilot dari Kota Batu, Jawa Timur.

Dalam lomba yang diikuti 104 pilot dan dibagi dalam tiga kategori yakni senior, junior putra dan putri serta siswa putra dan putri. Adapun, panitia melakukan penilaian berdasarkan ketepatan mendarat yang berjarak 1,6 km dari dengan ketinggian penerbangan 264 meter.

Berikut hasil Liga seri 3 Paralayang di Sentono Gentong Pacitan

Kategori junior putra

  1. Gigih Imam Nurdiansyah (Kota Batu)
  2. Muhammad Septianto (Kota Batu)
  3. Efwelin Agus A (Kota Batu)

Kategori junior putri

  1. Assyfa Faiq Yunanda (Kabupaten Malang)
  2. Jeanethe Cristhesa (Kota Batu)
  3. Desy Ramadhani (Kota Batu)

Kategori siswa putra

  1. Ade Syarif Hakim (Probolinggo)
  2. Jevi Oki C (Ngawi)
  3. Cleo Ali Ibrahim (Kabupaten Malang)

Kategori siswa putri

  1. Oktavia Barokah Virda (Tuban)
  2. Alfina Annastasya (Tulungagung)
  3. Byedana Refi (Kota Batu)

Kategori senior

  1. Sulthon Nurzeha Opler (Papua)
  2. Bayu Krisna (Kota Batu)
  3. Taufik Muchsin (Kabupaten Malang)