Serunya Liga Seri 3 Paralayang, dari Sentono Gentong Hingga Pantai Teleng Ria

oleh -133.925 views
Liga seri 3 paralayang yang digelar di Sentono Gentong. (Foto: Dok Humas Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Liga Seri 3 Paralayang Pacitan telah dimulai pada Jumat (11/5/2018) kemarin. Bukit Sentono Gentong yang terletak di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku Pacitan Jawa Timur dipilih untuk kejuaraan yang diikuti peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur tersebut.

Setelah sebelumnya sukses digelar paralayang di atas Pantai Buyutan, Kecamatan Donorojo, kali ini giliran Sentono Gentong yang menjadi saksi para penerbang layang mengitari langit biru Pacitan.

Baca juga: Menikmati Keindahan Panorama Pacitan dari Sentono Genthong

Para pilot paralayang memulai petualangannya dengan start dari atas bukit Sentono Gentong dan berakhir di sebelah barat Pantai Teleng Ria. Tak hanya paralayang, agenda yang berakhir pada Ahad (13/5/2018) besok juga digelar eksebisi Gantole.

Para penerbang menampilkan atraksi memukau di langit bukit Sentono Gentong Pacitan. Selain terbang sendiri, mereka juga menggelar terbang tandem. Ini adalah gelaran perdana yang sukses digelar di bukit wisata yang sedang populer di Pacitan.

Baca juga: Amazing, Sensasi Matahari Terbit dari Puncak Sentono Genthong Pacitan

Panitia juga menyiapkan dua tim kesehatan di tempat take off dan landing, dan tim rescue dari BPBD dan brigade penolong pramuka.

Salah satu dari  kejuaraan ini bertujuan untuk pembinaan atlet muda Jawa timur di bawah Usia 18 tahun yang diproyeksikan mengikuti Porprov Jatim Tuban tahun 2019.

Kejuaraan dibagi dalam tiga kategori yang, senior, junior dan siswa, selain itu untuk peserta juga ada yang dari luar Jatim seperti dari Yogyakarta, DKI, Jawa Barat, Solo dan Papua.

Ketua Paralayang Kabupaten Pacitan Ismono menyebut para peserta terbang dengan ketinggian 264 meter dan jarak tempuh adalah 1,6 kilometer. Dia mengatakan jumlah peserta Paralayang ada 104 peserta.

Untuk diketahui, Liga Paralayang Jawa Timur 2018 digelar sejak 9 Februari dan akan berakhir pada Oktober mendatang. Sebelum di Pacitan, kejuaraan digelar di Tulungagung pada 9 – 11 Februari, Kabupaten Malang 14 -16 April dan Pacitan   pada 11-13 Mei.

Setelah dari Pacitan acara akan digelar di Kabupaten Ponorogo  pada 10-12 Agustus , Modangan  16-18 November 2018 mendatang dan ditutup di Kota Batu pada Oktober 2018.

Sempat terjadi insiden

Agenda gelaran perdana paralayang di tempat wisata Sentono Gentong ini cukup berjalan baik dan membuat warga yang melihat cukup antusias. Meski demikian, sempat terjadi insiden kecil yang melibatkan pilot Gantole pada Jumat (11/5/2018).

Adalah Mustofa, pria yang berprofesi sebagai hakim Pengadilan Agama di Bali ini mengalami crash saat hendak meluncur menggunakan gantole dari atas bukit Sentono Gentong.

Baca juga: Pemkab Pacitan Dukung Pengembangan Wisata Sentono Genthong

Berdasarkan video yang dikirim kepada Pacitanku Citizen Journalism (CJ), diduga akibat tekanan angin dan kurang keseimbangan, saat hendak meluncur, gantole yang dikemudikan Mustofa terjatuh, Mustofa pun turut terjatuh di atas bukit Sentono Gentong.

Beruntung, Mustofa selamat setelah berhasil di evakuasi oleh panitia dan masyarakat setempat. Tidak ada luka-luka serius saat terjadi insiden kecil tersebut. Bahkan, Mustofa kembali beraksi dengan gantole pada Sabtu (12/5/2018) pagi di lapangan AURI Pacitan. (RAPP002)