BKKBN: Bonus Demografi Harus Dimanfaatkan

oleh -131.902 views
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Jawa Timur Yenrizal Makmur ketika berkunjung ke Kabupaten Pacitan. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Semakin melimpahnya jumlah penduduk Indonesia pada rentang usia produktif harus dimanfaatkan untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Namun demikian hal itu harus tetap dibarengi dengan upaya pengendalian jumlah penduduk dan peningkatan sumberdaya manusia.

“Jumlah bagus jika berkualitas. Jika tidak akan jadi beban negara,” kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Jawa Timur Yenrizal Makmur ketika berkunjung ke Kabupaten Pacitan, belum lama ini.

Dia menekankan bahwa terkait dengan upaya pengendalian penduduk, program Keluarga Berencana (KB) yang dilakukan sejak tahun 70-an dapat menekan jumlah penduduk secara nasional sampai ratusan juta jiwa. Jika tanpa program era Orde Baru tersebut, saat ini penduduk Indonesia diperkirakan telah berada pada angka 300 juta jiwa.

Adapun, kata dia, pengendalian penduduk secara efektif dan dibarengi upaya meningkatkan SDM dapat mendorong kenaikan indeks pembangunan manusia. Saat ini IPM Indonesia diangka 70,18. Angka itu menjadi catatan tersendiri karena dalam beberapa dekade terakhir nilainya berada pada kisaran 60-an.

Sementara, untuk Jawa Timur, secara nasional masih berada diurutan 15 dengan nilai 69,76. “Ini tentu menjadi tanggung jawab bersama untuk meningkatkan indeks IPM di Jawa Timur,”ucap Yenrizal.

Di kesempatan yang sama, Bupati Indartato menyampaikan keterlibatan pihak-pihak ketiga, salah satunya dari perguruan tinggi, dalam membangun IPM sangat penting. Karena akademisi dapat menularkan ilmu dan pengetahuan yang mereka miliki kepada khalayak.

“Mereka diharapkan memberi masukan kepada pemkab bagaimana meningkatkan kualitas SDM di Pacitan,”paparnya di depan mahasiswa peserta KKN Tematis Kampung KB STIKIP PGRI Pacitan.

Pada kesempatan itu pula diserahkan SK Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kependudukan STKIP PGRI Pacitan, penandatangan nota kesepahaman antara Kepala BKKBN Perwakilan Jatim, Dinas PPKB dan PPPA dengan pihak perguruan tinggi. Tidak itu saja, secara simbolis juga diserahkan bantuan operasional KKN dilapangan sebesar Rp 18 juta. (Humas Pemkab/RAPP002)