Indartato Harapkan Desa Kendal Jadi yang Terbaik Lomba Gotong Royong 2018

oleh -132.293 views
Salah satu spot Desa Kendal, Kecamatan Punung. (Foto: Dok Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PUNUNG –Bupati Pacitan Indartato berharap agar Desa Kendal, Kecamatan Punung menjadi yang terbaik di tingkat regional Jawa Timur (Jatim) tahun 2018.

Hal tersebut disampaikannya saat pelaksanaan penilaian lapangan lomba Pelaksana Gotong Royong tingkat provinsi, Rabu (18/4/2018). “Mudah-mudahan, seperti tahun lalu, juara satu di Pacitan,” ucapnya.

Dia mengungkapkan bahwa semangat gotong royong masih mengakar kuat dimasyarakat yang tetap menjunjung tinggi kearifan lokal. Tak hanya pada perilaku, tetapi juga semangat kebersamaan dan nilai-nilai sosial.

Baca juga: Selamat, Desa Wareng Juara I Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Provinsi

Dia berpesan, apa yang bakal diraih nantinya tidak serta merta membuat masyarakat menjadi jumawa dan kemudian meninggalkan semangat gotong royong begitu saja.

Sebab, sebagai bagian dari budaya, sikap kebersamaan pada masyarakat tradisional tersebut menjadi motor utama pembangunan. “Pembangunan dan gotong royong berjalan bersama, beriringan. Tanpa peran dan partisipasi masyarakat tujuan pembangunan bakal sulit terwujud,” pkatanya.

Sebagai informasi, saat ini Desa Kendal masuk empat besar sebagai wakil Kabupaten Pacitan. Bersama desa-desa wakil dari Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Blitar. (Humas Pemkab/RAPP002)