Desa-desa di Pacitan Bakal Dapat Bantuan Keuangan, ini Syaratnya

oleh -131.447 views
Foto Ilustrasi: Indartato di sela tilik warga di Desa Kendal, Kecamatan Punung, Selasa (10/4/2018). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PUNUNG – Pemerintah Kabupaten Pacitan bakal memberi penghargaan kepada desa-desa di Pacitan, tentunya dengan syarat desa tersebut berprestasi.

Bupati Pacitan Indartato usai melaksanakan tilik warga mandiri bersama jajarannya di Desa Kendal, Punung, Selasa (10/4/2018) mengungkapkan bahwa penghargaan kepada desa berprestasi tersebut adalah berupa bantuan keuangan (BK).

“Mungkin setelah mereka (pihak desa) yang membangun desanya, kemudian dilombakan dan menang, saya kira perlu diberi reward. Dimana reward itu wujudnya adalah BK,”katanya.

Menurut Indartato, penghargaan itu diluar hadiah berupa uang tunai yang nilainya bervariasi, antara Rp 10-20 juta. Tujuannya pemberian ganjaran bantuan keuangan itu sendiri adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Sebagai misal, kata Indartato, digunakan untuk melengkapi fasilitas posyandu, pelatihan tenaga kesehatan, maupun penambahan buku pada sentra literasi. “Ini (literasi) berkaitan dengan upaya meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM),” terang Indartato.

Saat menggelar tilik warga itu, juga dilaksanakan evaluasi persiapan Lomba Gotong Royong tingkat Provinsi Jawa Timur. Dimana Desa Kendal maju dan menjadi wakil Kabupaten Pacitan. Berbagai kekurangan coba dikaji dan dilengkapi agar lebih siap ketika hari H penilaian dilakukan.

Sebelumnya dilaksanakan pula tinjauan lapangan pada titik-titik penilaian yang mewakili indikator. Baik sosial budaya, lingkungan, dan ekonomi. Bupati bersama rombongan kemudian mendatangi beberapa rumah warga kurang mampu untuk memberikan (Humas Pemkab/RAPP002)