Perspa Pacitan Hadapi 6 Klub Besar di Liga 3 Jatim

oleh -132.148 views
Tim dari Perspa Pacitan. (Foto: Thommy Iku Tomblok/FB)

Pacitanku.com, PACITAN – Liga 3 Jawa Timur musim 2018 dipastikan bergulir mulai Minggu (1/4/2018) mendatang. Debutan Liga 3 Jawa Timur, Perspa Pacitan akan beradu skill dengan enam tim regional yang tergabung di Grup 7.

Skuat andalan Pacitan ini bakal bertemu dengan enam klub lain di Grup 7. Keenam klub itu adalah klub Bumi Wali FC Tuban dan Persedikab Kabupaten Kediri. Sementara, empat klub tandingan lainnya adalah Persemag Magetan, Persepon Ponorogo, Persibo Bojonegoro, dan Blitar Putra.

Sebagai informasi, Liga 3 Jawa Timur tahun ini, terbagi menjadi tujuh grup. Masing-masing grup terdiri tujuh klub. Dalam kompetisi musim ini, akan dipilih 16 klub dari juara dan runner up grup. Dan 2 klub pelengkap diambil dariĀ  peringkat ketiga terbaik.

Sebanyak 49 tim akan ambil bagian pada kompetisi kali ini. Terbagi ke dalam tujuh grup. Kompetisi Liga 3 Zona Jatim akan mulai digulirkan pada 1 April mendatang.

Tidak ada perubahan untuk sistem kompetisi. Semua tim akan saling berhadapan kandang dan tandang sesuai dengan lawan di grupnya masing-masing. Juara, runner up serta peringkat tiga terbaik akan lolos ke babak 16 besar.

Dalam acara launching Liga 3 di Hotel Agrokusuma, Kota Batu, Sabtu (24/3/2018) malam, sekretaris Asprov Jatim, Amir Burhanudin menjelaskan, bahwa secara bertahap nantinya jadwal akan segera dirilis kepada tim-tim peserta.

Nantinya pertandingan pembuka akan dilakukan pada tanggal 1 April 2018. Semua tim akan menjalani laga perdana pada tanggal tersebut.

“Sejauh ini untuk administrasi sudah berjalan lancar. Sebab, kami menggunakan sistem online yang langsung linier dengan pusat. Jadi, semuanya kami pastikan sudah siap untuk kick off pada 1 April mendatang,” ucapnya Sabtu (24/3/2018).

Lebih lanjut, Amir menambahkan bahwa untuk Liga 3 kali ini akan banyak mengandalkan pemain muda. Sesuai dengan regulasi nantinya tim memiliki 30 pemain dengan 27 pemain harus berusia di bawah 23 tahun. Sementara sisanya boleh diisi dengan pemain senior.

“Nantinya pada saat bertanding pemain senior tersebut bisa dimainkan bersamaan dalam satu pertandingan,” imbuhnya.

Di sisi lain, ia menjelaskan bahwa nantinya akan ada tiga tahapan yang harus dilewati klub-klub. Tahap pertama adalah penyisihan grup.

Berikut Pembagian Grup Liga 3 Jawa Timur musim 2018

Grup 1

Banyuwangi Putra

Samudera Indonesia

Persid Jember

Persebo Muda Bondowoso

PS 3 Situbondo

Persikapro Probolinggo

Suryanaga Conection

 

Grup 2

PSIL Lumajang

Probolinggo United

Persekabpas Pasuruan

Putra Jombang

Kanjuruhan FC

Jember United

Kresna FC

 

Grup 3

Cahaya Muda Pamekasan

Persesa Sampang

Perseba Bangkalan

Maestro Parabola

Deltras Sidoarjo

Mitra Surabaya

Surabaya Muda

 

Grup 4

Kota Pahlawan Surabaya

Persegres Putra

Lamongan FC

Malang United DPFF

Triple S Kediri

Bojonegoro FC

Madiun United

 

Grup 5

Persekama Kab Madiun

Persikoba Batu

Sumbersari FC

PSID Jombang

Persem Mojokerto

Persenga Nganjuk

Arema Indonesia

 

Grup 6

Persema 1953

Akademi Arema Ngunut

Persiga Trenggalek

Perseta Tulungagung

Genbi Mojokerto

ASIFA Malang

Putra Sinargiri

 

Grup 7

Persibo Bojonegoro

Persedikab Kediri

Persemag Magetan

Persepon Ponorogo

Perspa Pacitan

Blitar Putra

Bumi Wali FC